CEGAH SEMBELIT SAAT HAMIL DENGAN CARA INI!

7

Sembelit termasuk salah satu gangguan umum yang sering dialami pada masa kehamilan. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon selama masa kehamilan. Sembelit memang tidaklah berbahaya, tetapi bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Pencernaan yang tidak lancar akan membuat perut terasa begah. Alhasil, kendala ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Hormon progesteron yang meningkat di masa kehamilan memiliki efek merelaksasi otot-otot halus di seluruh tubuh, termasuk di bagian saluran pencernaan. Dengan demikian, usus akan bergerak lebih lambat dan menyerap lebih banyak air. Hal inilah yang menyebabkan sembelit. Selain itu, rahim yang membesar dan menekan usus, diet rendah serat, serta konsumsi obat penambah darah juga berkontribusi membuat ibu hamil sembelit.

Secara alamiah, kemungkinan besar ibu hamil akan mengalami sembelit. Namun Ibu bisa mencegah terjadinya sembelit dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

makanan alami yang kaya akan serat yang terkandung pada sayur-sayuran dan buah buahan menjadi salah satu pilihan saat hamil. Contoh makanan tinggi serat yaitu kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, dan gandum utuh. Pastikan Anda mengonsumsi 25-30 gram serat per hari.

  • Minum Air Putih Yang Cukup

Air sangat diperlukan oleh tubuh. Ibu hamil bahkan sangat disarankan untuk minum air minimal 12 gelas per harinya. Hal ini juga mampu melancarkan proses pencernaan.

  • Olahraga Teratur

Melakukan olahraga yang dianjurkan dimasa kehamilan seperti berenang, jalan santai selama  20 sampai dengan 30 menit per hari dapat mendorong sistem kerja usus lebih baik.

  • Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri menguntungkan tubuh yang terdapat pada makanan. Probiotik dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi bakteri jahat di usus. Bakteri baik ini dianggap aman untuk dikonsumsi selama hamil. Oleh karenanya, probiotik dapat menjadi pilihan untuk membantu meringankan sembelit dan diare pada ibu hamil. Probiotik bisa didapat dengan cara mengonsumsi yoghurt dan minuman yang mengandung probiotik.

Sembelit atau susah buang air besar yang dialami ibu hamil biasanya tidak serius dan bisa diatasi dengan cara-cara yang tadi telah disebutkan. Akan tetapi, kadang sembelit juga bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan lain yang lebih serius. Apabila Bunda mengalami sembelit yang dibarengi dengan sakit perut, disertai diare atau keluarnya lendir dan darah saat BAB, segeralah menghubungi dokter. (RH)

Referensi

Galan N. 2019. Medical News Today. Constipation and Pregnancy: What To Know.

Scaccia. 2015. Health Line. 5 Safe Remedies for Constipation in Pregnancy.