Cermati Tanda Dan Gejala Gagal Jantung Sejak Dini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

252

Penyakit jantung hingga kini masih menjadi momok yang menakutkan dan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Fungsi jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Namun fungsi jantung dapat menurun karena berbagai penyakit seperti hipertensi (darah tinggi), diabetes mellitus (kencing manis), penyakit jantung koroner, dan lain-lain. Sehingga terjadilah penyakit yang disebut gagal jantung kongestif.

Gagal jantung kongestif adalah ketidakmampuan jantung memompa darah dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jaringan terhadap oksigen dan nutrien. Seseorang yang mengalami gagal jantung bukan berarti jantungnya telah berhenti bekerja, melainkan daya pompa jantungnya menjadi lemah. Karena itu mereka yang mengalami kondisi ini membutuhkan pengobatan untuk memperlambat perburukan penyakit serta mengontrol gejala selama mungkin.

Tanda dan gejala gagal jantung bervariasi, tergantung dari umur pasien, beratnya gagal jantung, penyebab penyakit jantung, ruang-ruang jantung yang terlibat.  Gagal jantung merupakan kondisi kronis yang lama kelamaan akan memburuk. Beberapa tanda dan gejala pada gagal jantung adalah:

  1. Sesak napas, baik ketika beraktivitas maupun beristirahat.
  2. Tubuh terasa lelah sepanjang waktu, atau cepat merasa lelah
  3. Mual, muntah
  4. Frekuensi buang air kecil yang meningkat pada malam hari
  5. Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki, dan perut karena adanya gangguan pada ginjal
  6. Kenaikan berat badan
  7. Gangguan tidur seperti insomnia
  8. Sakit kepala
  9. Penurunan kesadaran

Dari banyak gejala diatas, gejala utama gagal jantung adalah sesak napas dan rasa lelah sepanjang hari. Sesak napas akibat gagal jantung biasanya makin terasa saat penderita berbaring datar. Sebagian dari mereka juga mengalami tidur malam yang terganggu akibat sesak napas hebat sehingga harus duduk atau berdiri agar bisa menghirup udara. Sedangkan untuk gejala pembengkakan kaki, biasanya mereda di waktu pagi hari, namun kembali memburuk di siang hari.

Gejala gagal jantung dapat berbeda-beda pada tiap penderita. Segera periksakan diri ke dokter jika ada gejala spesifik diatas yang anda rasakan. Bagi orang yang sudah di diagnosa menderita penyakit ini, sebaiknya kontrol teratur dan segeralah periksa ke dokter jika gejala yang sudah ada memburuk atau timbul gejala lainnya. Hal ini merupakan tanda bahwa pengobatan yang sudah dijalankan belum berhasil.

Konsumsi makanan yang sehat, batasi konsumsi gula dan garam, hentikan kebiasaan merokok, dan olahraga teratur dapat menjadi tips ampuh untuk menjaga jantung kita agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung yang mengintai. (SA)

Daftar Pustaka:

Noer,S et al. 2010. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: Balai Penerbit FKUI


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store