CHLAMYDIA TRACHOMATIS: INFEKSI MENULAR SEKSUAL AKIBAT BAKTERI

80

Pernahkah Anda mendengar tentang Chlamydia trachomatis? Chlamydia trachomatis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum disebabkan oleh bakteri. Anda mungkin tidak tahu Anda memiliki klamidia karena banyak orang tidak pernah mengalami tanda-tanda atau gejala, seperti nyeri genital dan keluarnya cairan dari vagina atau penis. Padahal meski tanpa gejala, bakteri ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman atau tanpa pelindung.

Chlamydia trachomatis merupakan bakteri berbentuk biji kopi yang dapat menginfeksi pria dan wanita. Penyakit ini juga dapat terjadi pada semua kelompok umur, meskipun infeksi ini paling umum terjadi pada wanita muda. Chlamydia tidak sulit untuk dirawat begitu Anda tahu Anda memilikinya. Namun, jika tidak ditangani, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Gejala

Infeksi chlamydia trachomatis tahap awal sering menyebabkan sedikit atau tidak ada tanda dan gejala. Ketika tanda atau gejala terjadi, berarti Anda sudah terinfeksi bakteri Chlamydia sejak satu hingga dua minggu sebelumnya. Chlamydia sering tidak terdeteksi atau tidak disadari karena bahkan ketika tanda-tanda dan gejala-gejala muncul, gejalanya sering ringan dan membuatnya seringkali disepelekan.

Tanda dan gejala infeksi klamidia trachomatis dapat meliputi:

  1. Nyeri saat buang air kecil
  2. Nyeri perut bagian bawah
  3. Keputihan pada wanita
  4. Hubungan seksual yang menyakitkan pada wanita
  5. Pendarahan diantara periode menstruasi yang seharusnya dan setelah berhubungan seks pada wanita (perdarahan yang terjadi tidak normal atau tidak seharusnya)
  6. Nyeri testis pada pria

Penyebab

Infeksi menular seksual dapat disebabkan oleh berbagai macam bakteri, parasit, hingga virus. Chlamydia trachomatis hanya salah satu jenis penyakit infeksi menular seksual akibat bakteri. Beberapa penyebab lain infeksi menular seksual adalah:

  1. Bakteri (gonore, sifilis, klamidia)
  2. Parasit (trikomoniasis)
  3. Virus (human papillomavirus, herpes genital, HIV)

Infeksi menular seksual bisa terjadi bersamaan dan gabungan antara bakteri, parasit, dan virus. Bila demikian, gejala yang muncul tidak akan khas dan cenderung lebih berat daripada yang hanya disebabkan oleh satu penyebab saja.

Faktor risiko

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko chlamydia trachomatis meliputi:

  1. Aktif secara seksual sebelum usia 25
  2. Banyak pasangan seks dalam setahun terakhir
  3. Tidak menggunakan kondom secara konsisten
  4. Riwayat infeksi menular seksual sebelumnya

Pencegahan

Cara paling pasti untuk mencegah infeksi chlamydia trachomatis adalah dengan tidak melakukan aktivitas seksual. Singkatnya, Anda dapat:

  1. Gunakan kondom.

Gunakan kondom lateks jantan atau kondom poliuretan wanita selama setiap kontak seksual. Kondom yang digunakan dengan benar selama setiap hubungan seksual mengurangi tetapi tidak menghilangkan risiko infeksi.

  • Tidak gonta ganti pasangan seksual.

Memiliki banyak pasangan seks menempatkan Anda pada risiko tinggi tertular klamidia dan infeksi menular seksual lainnya. (LM/STE)

Referensi

Chlamydia trachomatis – Symptoms and causes. (2019). Retrieved from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chlamydia/symptoms-causes/syc-20355349