Claustrophobia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

138

Claustrophobia adalah rasa takut berada di ruang tertutup. Ini biasanya menyebabkan perasaan tidak nyaman atau takut kehilangan kendali. Claustrophobia adalah sejenis agoraphobia. Orang dengan agoraphobia khawatir dengan situasi di mana tidak ada cara mudah untuk melarikan diri atau mendapatkan bantuan jika mereka menjadi sangat cemas. Jenis-jenis agoraphobia lainnya melibatkan ketakutan akan transportasi umum, ruang terbuka, orang banyak dan berada di luar sendirian.

Orang dengan claustrophobia akan merasa agak cemas ketika mereka berada di ruang yang terbatas atau sesak hingga dapat mengalami serangan panik. Ada banyak situasi yang dapat memicu claustrophobia. Contohnya saat berada pada:

  1. Lift
  2. Terowongan
  3. Kereta api
  4. Kamar yang ramai
  5. Pintu putar
  6. Toilet umum
  7. Mobil dengan kunci sentral
  8. Ruang ganti di toko-toko
  9. Kamar tanpa jendela
  10. Pesawat terbang

Apa saja gejala claustrophobia?

Gejala umum serangan panik meliputi:

  1. Takut kehilangan kendali atau pingsan
  2. Takut mati
  3. Sulit berpikir jernih
  4. Denyut jantung cepat, laju napas cepat atau sesak napas
  5. Berkeringat dan gemetar
  6. Merasa lemah atau pusing
  7. Sensasi tercekik
  8. Muka memerah atau dingin
  9. Merasa bingung, atau merasa terpisah dari diri sendiri
  10. Mual

Bagaimana mendiagnosis claustrophobia?

Jika salah satu praktisi ini mencurigai Anda mungkin mengalami fobia, Anda mungkin akan diminta sejumlah pertanyaan untuk mengeksplorasi semua gejala yang mungkin Anda alami dan Anda mungkin perlu melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Fobia dapat terjadi bersamaan dengan sejumlah masalah kesehatan mental lainnya, termasuk skizofrenia, depresi, gangguan obsesifkompulsif (OCD), dan gangguan penyalahgunaan zat.

Bagaimana claustrophobia ditangani?

Jika Anda telah didiagnosis dengan bentuk kecemasan, seperti klaustrofobia, maka dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk mencoba perawatan psikologis seperti terapi perilaku kognitif (CBT). Dokter atau psikiater Anda mungkin juga meresepkan obat untuk menangani beberapa gejala sebagai bagian dari perawatan.

Apa komplikasi claustrophobia?

Jika tidak diobati, fobia dapat memburuk ke titik di mana kualitas hidup seseorang sangat terganggu, baik oleh fobia itu sendiri dan / atau dengan upaya untuk menghindari atau menyembunyikannya. Beberapa orang memiliki masalah dengan hubungan mereka, telah gagal di sekolah, dan tidak dapat mempertahankan pekerjaan sebagai akibat dari fobia yang parah.

Meskipun mungkin ada periode perbaikan spontan, fobia biasanya tidak hilang kecuali jika individu mendapat perawatan yang secara khusus dirancang untuk mengatasi kondisi ini. Bahkan telah ditemukan bahwa kecemasan fobia dapat mengancam jiwa bagi sebagian orang, meningkatkan risiko menderita penyakit jantung pada pria dan wanita. (LM)

Referensi

Claustrophobia. (2018). Retrieved from https://healthdirect.gov.au/claustropho bia

Roxanne Dryden-Edwards, M. (2018). Phobia Definition, List of Types, Causes & Treatment. Retrieved from https://medicinenet.com/phobias/article.htm# what_are_the_causes_and_risk_factors_for_phobias


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store