Contact Lens: Amankah Dipakai Setiap Hari?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

71

Contact lens merupakan alat bantu pengelihatan yang cukup sering dan banyak dipakai masyarakat. Banyak orang lebih memilih memakai contact lens sebagai alat bantu pengelihatan untuk tiap harinya karena dianggap tidak mengganggu penampilan seperti kacamata. Selain itu dengan adanya variasi design dan warna contact lens saat ini, banyak juga orang yang tidak memiliki gangguan pengelihatan namun menggunakan contact lens hanya untuk sekedar fashion dan mempercantik tampilan mata.

Mungkin untuk sebagian orang contact lens dianggap sebagai alat bantu pengelihatan yang praktis untuk sehari-hari. Namun, ternyata pemakaian tiap hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata, resiko yang dapat timbul diantaranya adalah:

  • Kekurangan oksigen pada kornea mata

Di pasaran contact lens lebih dikenal dengan sebutan soft lens, padahal soft lens adalah contact lens yang terbuat dari hydrogel. Soft lens merupakan jenis contact lens yang lapisannya paling susah ditembus oleh oksigen atau permabilitas oksigennya paling rendah dibanding jenis contact lens lain. Namun, soft lens adalah salah satu jenis contact lens yang paling banyak digunakan di masyarakat. Pemakaian soft lens setiap hari dapat mengurangi pasokan oksigen pada bola mata terutama bagian kornea. Bila kornea mengalami kekurangan pasokan oksigen secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada kornea yang dapat menyebakan kefokusan mata berkurang.

  • Mempengaruhi pH air mata

Contact lens merupakan alat bantu pengelihatan yang menempel langsung pada bola mata, hal ini dapat mempengaruhi pH atau tingkat keasaman air mata. Untuk menyesuiakan perubahan pH tersebut, orang yang memakai contact lens akan lebih sering berkedip.

  • Membuat mata kering

Tear film atau lapisan air mata memiliki 3 lapisan. Pada lapisan pertama atau lapisan terluar merupakan lapisan berminyak yang menghambat penguapan air pada mata. Pada mata penguapan air mata dipengaruhi banayknya kedipan mata. Pada orang yang menggunakan contact lens secara tidak langsung akan sering berkedip, sehingga membuat penguapan air mata lebih sering. Akibatnya mata akan kering dan membuat mata terasa perih.

  • Infeksi pada mata

Contact lens pada mata merupakan suatu benda asing, maka bila digunakan terlalu sering dan terlalu lama dapat menyebabkan trauma pada mata yang dapat menimbulkan keratitis, yaitu peradangan pada kornea. Keratitis juga dapat dikarenakan oleh infeksi bakteri maupun virus yang bisa didapatkan dari pemakaian contact lens yang tidak hygiene. Hal ini dapat menyebabkan mata merah dan bengkak.

Penjelasan diatas merupakan beberapa resiko yang dapat terjadi pada pemakaian contact lens yang terlalu sering dan terlalu lama. Bila resiko tersebut diabaikan dapat mempengaruhi fungsi pengelihatan mata. Maka disarankan untuk tidak memakai contact lens terlalu sering dan terlalu lama, lebih baik mempertimbangkan waktu, tempat dan keperluan tertentu untuk memakai contact lens. Selain itu ketika memutuskan untuk memakai contact lens, harus selalu ingat untuk menjaga personal hygiene, bukan hanya sekedar ketika akan memakai contact lens, namun cara penyimpanan dan tempat penyimpanan juga sangat berpengaruh.

Untuk pemilihan contact lens, perhatikan jenis contact lens yang yang lebih breathable untuk mata misalnya seperti jenis bahan silicon hydrogel. Ada baiknya juga mempetimbangkan untuk mencoba membiasakan menggunakan kacamata yang sesuai dengan kenyamanan dan bentuk wajah agar tidak mengganggu penampilan. (LAM)

Referensi

National Research Council (US) Working Group on Contact Lens Use Under Adverse Conditions; Ebert Flattau P, editor. Considerations in Contact Lens Use Under Adverse Conditions: Proceedings of a Symposium. Washington (DC): National Academies Press (US); 1991. Lens Performance Considerations.Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK234115/

https://www.allaboutvision.com/contacts/contact_lenses.htm

https://www.cdc.gov/contactlenses/fast-facts.html

https://www.cdc.gov/contactlenses/benefits.html

https://www.cdc.gov/contactlenses/protect-your-eyes.html

https://www.fda.gov/MedicalDevices/ProductsandMedicalProcedures/HomeHealthandConsumer/ConsumerProducts/ContactLenses/ucm062589.htm

https://www.cdc.gov/contactlenses/germs-infections.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store