CT SCAN VS MRI

53

CT scan dan MRI merupakan pemeriksaan medis yang menggunakan teknologi untuk melihat detil bagian tubuh Anda. Perbedaan terbesar antara MRI (magnetic resonance imaging) dan CT (computed tomography) scan yaitu MRI menggunakan gelombang radio sedangkan CT scan menggunakan sinar-X. Meskipun keduanya relatif berisiko rendah, ada perbedaan yang dapat membuat masing-masing pilihan yang lebih baik tergantung pada keadaan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut simak penjelasan dibawah ini.

Apa itu MRI?

MRI merupakan pemeriksaan medis yang menggunakan gelombang radio dan magnet, untuk melihat objek di dalam tubuh. MRI sering digunakan untuk mendiagnosis masalah pada:

  1. Sendi
  2. Otak
  3. Pergelangan tangan
  4. Pergelangan kaki
  5. Payudara
  6. Jantung
  7. Pembuluh darah

Pemindaian MRI menggunakan medan magnet dan frekuensi radio yang konstan memantul dari molekul lemak dan air dalam tubuh Anda. Gelombang radio ditransmisikan ke penerima di mesin yang diterjemahkan menjadi gambar tubuh yang dapat digunakan untuk mendiagnosis masalah.

Pemindai itu sendiri biasanya menyerupai tabung besar dengan meja di tengah, yang memungkinkan pasien untuk masuk. Pasien diminta berbaring diam dan biasanya, saat pemeriksaan Anda akan ditawari penyumbat telinga atau headphone untuk membuat kebisingan lebih tertahankan.

Apa itu CT scan?

CT scan adalah pemindaian menggunakan sinar-X yang melibatkan mesin sinar-X besar. CT scan kadang-kadang disebut scan CAT. CT scan biasanya digunakan untuk:

  1. Patah tulang
  2. Tumor
  3. Pemantauan kanker
  4. Menemukan pendarahan dalam tubuh

Selama CT scan, Anda akan diminta untuk berbaring di meja, yang kemudian akan bergerak melalui CT scan untuk mengambil gambar cross-sectional di dalam tubuh.

CT scan biasanya paling sering dan lebih banyak digunakan daripada MRI karena biaya yang lebih murah. Meski begitu MRI dianggap lebih unggul dalam hal detail gambar.

Risiko

Baik CT scan dan MRI menimbulkan beberapa risiko saat digunakan. Risiko didasarkan pada jenis imaging serta bagaimana imaging dilakukan.

Risiko CT scan meliputi:

  1. Membahayakan bayi yang belum lahir
  2. Dosis radiasi yang sangat kecil
  3. Reaksi potensial terhadap penggunaan pewarna

Risiko MRI meliputi:

  1. Kemungkinan reaksi terhadap logam karena magnet
  2. Suara keras dari mesin menyebabkan masalah pendengaran
  3. Peningkatan suhu tubuh selama mri panjang
  4. Claustrophobia atau reaksi panik pada penderita yang takut akan ruang gelap dan sempit

Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pemindaian MRI jika Anda memiliki implan termasuk: sendi buatan, implan mata, IUD dan alat pacu jantung.

Manfaat

MRI dan CT scan dapat digunakan untuk  melihat struktur tubuh internal. Namun, CT scan lebih cepat dan dapat memberikan gambar jaringan, organ, dan struktur kerangka. Sedangkan MRI sangat bagus dalam pengambilan gambar yang membantu dokter menentukan apakah ada jaringan tidak normal di dalam tubuh, dimana gambar MRI memberikan gambaran yang lebih rinci.

Memilih antara MRI dan CT scan

Untuk pemilihan pemeriksaan medis menggunakan MRI dan CT scan, dokter akan memberi Anda rekomendasi berdasarkan gejala. Jika Anda membutuhkan gambar yang lebih rinci tentang jaringan lunak, ligamen, atau organ tubuh biasanya akan menyarankan MRI.

Kasus-kasus tersebut meliputi:

  1. Masalah pada bantalan tulang belakang
  2. Ligamen yang sobek
  3. Masalah jaringan lunak

Jika Anda membutuhkan gambaran umum dari suatu area seperti organ internal, atau karena patah tulang atau trauma kepala, CT scan biasanya akan direkomendasikan.

Catatan

Meskipun ada lebih banyak risiko yang terkait dengan MRI dan CT scan Keduanya menawarkan informasi penting untuk membantu dokter mendiagnosis kondisi spesifik dengan tepat.

Dokter akan memberi tahu Anda mana yang mereka rekomendasikan. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan masalah apa pun dengan dokter sehingga Anda dapat merasa nyaman dengan pilihan yang mereka rekomendasikan. (LM/STE)

Referensi

Healthline. (2019). CT scans vs. MRIs: Differences, Benefits, and Risks. [online] Available at: https://www.healthline.com/health/ct-scan-vs-mri#choosing-betwe en-scans [Accessed 13 Feb. 2019].

Judith Marcin, M. (2019). MRI Scans: Definition, uses, and procedure. [online] Medical News Today. Available at: https://www.medicalnewstoday.com/articles/146309. php [Accessed 13 Feb. 2019].

SHARE
Previous articleENDOSKOPI
Next articleTIPS ATASI NYERI OTOT