Daging Olahan Sebabkan Kanker, Benarkah???

337

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa berbagai jenis daging olahan seperti sosis, bacon,  dan ham tidak baik bagi kesehatan Anda. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa pernyataan tersebut ternyata benar?

Menurut laporan WHO, daging olahan seperti sosis, bacon, dan ham dapat menyebabkan terjadinya kanker usus besar (kanker kolorektal), terutama daging merah seperti daging sapi dan daging babi.

Hasil ini diperoleh setelah para ahli mengevaluasi lebih dari 800 penelitian seputar hal di atas. Dari berbagai penelitian tersebut, para ahli menemukan bahwa daging olahan merupakan karsinogen, yang sama seperti merokok dan alkohol.

Beberapa jenis daging merah yang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker adalah daging sapi, daging rusa, daging babi, dan daging domba.

Akan tetapi, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengkonsumsi daging. Yang terpenting adalah Anda mengkonsumsi diet seimbang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, serta ikan dalam jumlah sedang; dapat menurunkan resiko terjadinya kanker kolorektal hingga 45%.

Kesimpulannya adalah Anda tetap boleh mengkonsumsi berbagai jenis daging merah dan daging olahan, tetapi jangan berlebihan. Selain itu, pastikan Anda juga mengkonsumsi banyak buah, sayuran, dan ikan.

 

Sumber: spryliving