DAMPAK KEBIASAAN MINUM KOPI TERHADAP KESEHATAN

9

Sebagai minuman yang cukup populer di dunia, kopi sering disajikan pagi hari untuk menambah semangat. Kopi juga seringkali dikonsumsi untuk mempertahankan stamina tubuh dan menghilangkan kantuk. Di sisi lain, kopi juga banyak digemari karena rasanya yang unik dan dapat berubah – ubah sesuai dengan biji yang digunakan, cara mengolah bijinya, dan cara menyeduhnya. Dalam sudut pandang kesehatan, kopi yang mengandung kafein memiliki dampak negatif maupun positif bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampak kopi untuk kesehatan? Simak artikel berikut!

Kopi murni yang dikonsumsi tanpa gula maupun susu mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, mangan, kalium, natrium, dan magnesium.

Berikut ini beberapa dampak positif kopi terhadap tubuh:

  • Menekan risiko sakit jantung dan diabetes. Mengonsumsi kopi dengan kandungan kafein yang tidak berlebihan, sering dikaitkan dengan kemampuan menekan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes. Hal ini berhubungan dengan kandungan asam klorogenat (chlorogenic acid) dalam kafein.
  • Meningkatkan daya Ingat dan kemampuan kognitif. Peneliti menyimpulkan partisipan yang mengonsumsi kafein dari kopi pada pagi hari memiliki nilai yang lebih baik pada tes, dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi. Disebutkan pula, kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif alami yang menurun seiring pertambahan usia.
  • Tinggi kandungan antioksidan. Kandungan kafein dan antioksidan yang tinggi dapat melindungi seseorang dari berbagai penyakit misalnya kanker. Antioksidan yang tinggi juga dapat meningkatkan pembakaran gula dalam tubuh.

Meski memiliki berbagai dampak positif untuk tubuh, bukan berarti kopi bisa dinikmati sesuka hati. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang muncul jika konsumsi kopi berlebihan antara lain:

  • Menyebabkan jantung berdetak kencang, menjadi tidak teratur, dan menyebabkan kejang. Di samping itu, kopi yang tidak disaring juga dapat memicu beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Gelisah. Kafein dikenal untuk meningkatkan kewaspadaan, karena memblokir efek adenosin, yaitu zat kimia otak yang membuat orang merasa lelah. Namun, kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan gelisah.
  • Sulit tidur. Kafein dapat menyebabkan sulit tidur. Kurang tidur dapat mengganggu kesiagaan dan kinerja Anda pada siang hari. Sebaiknya hindari kebiasaan konsumsi kafein untuk membuat Anda terjaga sepanjang siang karena justru dapat membuat sulit tidur di malam hari.
  • Osteoporosis dan melemahnya tulang
  • Diare, meningkatkan asam lambung, menyebabkan sindrom iritasi pada usus, dan membuat tubuh mengalami dehidrasi

Ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan untuk meminimalkan risiko efek samping yang muncul dari bahaya kopi. (PK/STE)

Referensi:

NCBI. US National Library of Medicine. The Impact of Coffee on Health. 2017

Healthline. 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science. 2017