Dampak Orang Tua Yang Otoriter Pada Remaja

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

99

Remaja adalah transisi dari masa anak-anak menuju dewasa yang juga merupakan salah satu bagian kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan dan pertumbuhan manusia. Saat remaja banyak terjadi perubahan, baik perubahan fisik ataupun psikis seperti emosi. Tentu hal ini membutuhkan pengawasan dan pendekatan dari orang tua. Namun, tiap orang tua memiliki pola asuh yang berbeda-beda. Nah kali ini kita akan membahas mengenai orang tua yang authoritarian dan pengaruhnya terjadap perkembangan remaja. Untuk itu simak penjelasan artikel di bawah ini.

Orang tua dengan pola asuh otoriter

Orang tua yang otoriter adalah orang tua “memaksa” anak untuk selalu mengikuti aturan atau perintah dari mereka tanpa memberikan kebebasan seorang anak untuk memilih jalannya sendiri. Pola asuh ini mengambil pendekatan yang lebih “tradisional” di mana anak-anak tidak dilihat dan tidak didengar. Menurut Diana Baumrind, psikolog yang mengembangkan analisis asli dari tipe pengasuhan, orang tua yang otoriter berasal dari keyakinan orang tua bahwa perilaku dan sikap anak harus dibentuk oleh standar perilaku yang ketat.

Dampak atau pengaruh pola asuh orang tua yang otoriter pada remaja

Pola asuh otoriter memiliki dampak negatif dan dampak positif. Berikut adalah dampak negatif yang ditimbulkan dari pola asuh otoriter terhadap remaja

  1. Pola asuh otoriter menghasilkan sosial yang buruk dimana anak mengalami kesulitan berinteraksi dengan orang-orang dalam lingkungan sosial.
  2. Anak tidak belajar berpikir secara mandiri dan tidak dapat membuat keputusan.
  3. Anak-anak dari orang tua yang otoriter pastinya mengikuti aturan orang tuanya dengan baik, akan tetapi mereka kurang akan disiplin terhadap diri sendiri, dalam hal ini, mereka tidak didorong untuk mengeksplorasi dan berpikir secara mandiri, mereka tidak pernah belajar menetapkan batasan dan standar untuk diri mereka sendiri..
  4. Kritik tentang bagaimana seharusnya dan tidak seharusnya anak berperilaku membuat anak meragukan nilai dan potensi mereka. Selain itu, ketika prestasi yang didapatkan anak tidak di hargai membuat mereka menganggap mereka tidak berpotensi.
  5. Kebutuhan emosional anak-anak tidak terpenuhi karena orang tua hampir tidak memberikan kasih sayang dan kehangatan kepada anak-anak mereka. Ini membuat anak-anak merasa tidak aman
  6. Lingkungan di rumah sangat ketat, dapat menciptakan ketidaknyamanan pada anak. Situasi seperti ini tidak kondusif bagi anak untuk tumbuh dan berkembang.
  7. Kurangnya kreativitas dari anak
  8. Tidak dapat menerima kegagalan: Ketakutan dan kecemasan akibat tekanan orang tua membuat mereka ambisi untuk mendapatkan sesuatu, dan mereka takut gagal.
  9. Pola asuh otoriter dapat  mengarah ke perilaku negatif pada remaja
  10. Anak-anak dari orang tua yang otoriter dipaksa untuk melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai. Akibatnya, mereka menjadi agresif ketika mereka mencapai usia remaja.
  11. Prestasi akademis yang buruk.
  12. Depresi dan obesitas.

Selain dampak negatif, pola asuh otoriter juga mempunyai dampak positif yaitu:

  1. Anak menjadi seorang yang patuh. Seorang anak akan mendengarkan setiap perintah yang diberikan oleh orang tuanya.
  2. Anak menjadi bertanggung jawab. Seorang anak menjadi terbiasa mengikuti aturan dan mereka tidak pernah berpikir untuk melakukan hal-hal yang ‘salah’.
  3. Lingkungan yang aman: pola asuh otoriter berfokus pada keselamatan anak-anak. Ini melindungi anak-anak dari sesuatu yang buruk atau salah
  4. Anak menjadi tahu tentang konsekuensi kegagalan. Ketika mereka terbiasa melakukan sesuatu dengan benar, itu menjadi kebiasaan dan mendorong mereka untuk sukses.

Terlepas dari hal-hal positifnya, pola asuh otoriter memiliki lebih banyak dampak negatif, sehingga pola asuh ini bukanlah sesuatu yang direkomendasikan psikolog. (LM)

Referensi

Is Authoritarian Parenting Bad for My Child?. (2018). Retrieved from https://www. healthline.com/health/parenting/authoritarian-parenting#takeaway

M, K. (2018). Authoritarian Parenting: Its Characteristics And Effects On Children. Retrieved from https://www.momjunction.com/articles/what-is-authoritarian-parenting_00379619/#gref


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store