Dampak Polusi Udara

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

127

Pada saat ini, masalah polusi udara telah menimbulkan kekhawatiran semua penduduk, pasalnya polusi udara yang dulunya hanya terdapat didaerah kota besar dan daerah yang mememiliki industri, sekarang polusi udara sudah meliputi keseluruh atmosfer bumi. Lapisan ozon tipis yang menyelimuti bumi mulai rusak dengan adanya polusi udara ini. Dan penyebabnya sebagian besar berasal dari kendaraan yang digunakan masyarakat setiap harinya yaitu kendaraan bermotor. Karena dari kendaraan bermotor dikeluarkan polutan keudara dalam bentuk gas yaitu karbon monoksida, nitrogen oksida, belerang oksida, hidrokarbon dan partikel padat. Semua hasil pembakaran bahan bakar kendaraan ini yang menyebabkan semakin banyaknya jumlah polutan yang dikeluarkan keudara. selain kendaraan bermotor ditambah lagi dengan polusi udara yang dihasilkan dari pabrik.

Bahaya yang ditimbulkan oleh polusi udara sangatlah nyata. Masalahnya, pada setiap detiknya manusia selalu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida untuk kelangsungan hidupnya. Pokok permasalahannya yaitu ketika seorang menghirup oksigen polusi udara juga ikut terhirup kedalam tubuh manusia, hal tersebut menyebabkan dampak yang menjadi gangguan pada kesehatan. Beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat polusi udara yaitu terganggunya system pernafasan (paru-paru) dan system peredaran darah dalam tubuh, seperti diare, malaria dan radang paru-paru atau pneumonia.

Menurut Margaret Chan, sebagai Dirjen WHO menyatakan, polusi udara merupakan salah satu bahaya mematikan bagi manusia, khususnya anak-anak. Anak-anak, pada dasarnya belum punya sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu, saluran napas yang pendek, memudahkan mereka untuk menerima dampak dari bahaya polusi udara itu sendiri. Selain itu, janin yang sedang dikandung saja sudah bisa terkena paparan polusi udara yang dihirup. Paparan udara yang buruk ini, akan berlanjut hingga usia anak-anak. Tidak jarang, sakit pernapasan seseorang sudah terdeteksi sedari bayi, contohnya seperti radang paru-paru dan asma. Paparan polusi yang akut, dapat menyebabkan respon paru terhadap udara bersih jadi berkurang, dan akhirnya menghambat jalannya udara yang masuk.

Selain itu, polusi udara juga menghasilkan senyawa karbon monoksida yang dapat mempengaruhi kadar oksigen dalam darah. Sementara oksigen sangatlah penting untuk melancarkan peredaran darah menuju jantung hingga system saraf seluruh tubuh. Tidak heran sekarang banyak manusia rentan terhadap kerusakan sumsum tulang belakang, kerusakan fungsi ginjal dan juga saraf.

Nah untuk mengurangi pencemaran polusi udara ini, sebaiknya Anda mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Jika jarak yang akan Anda tempuh tidak terlalu jauh, Anda dapat menggunakan sepeda, selain tidak dapat menghasilkan polusi Anda juga akan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

Selain itu, Anda juga dapat membiasakan diri menggunakan masker saat keluar rumah, terutama saat sedang menempuh perjalanan. Dengan demikian Anda dapat meminimalisir menghirup udara yang berpolusi. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahaya-polusi-udara/

https://nurulkhaifa.blogspot.com/2015/11/artikel-polusi-udara.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store