Demam? Jangan lansung minum obat penurun panas, cobalah turunkan panas dengan cara alami!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

12

Demam sebenarnya bukan penyakit, melainkan reaksi sistem imun terhadap infeksi, penyakit, atau kondisi lain yang mendasarinya. Anda sebenarnya tidak perlu-perlu amat untuk minum obat penurun panas jika demamnya termasuk ringan. Suhu tubuh akan menurun dengan sendirinya cukup dengan beristirahat. Namun jika Anda ingin cepat kembali fit untuk bisa beraktivitas seperti sedia kala, Anda jangan terburu-buru untuk mengonsumsi obat penurun panas yang dijual dipasaran yah! Karena ada banyak cara alami di sekitar Anda yang ampuh menjinakkan kobaran panas dalam tubuh, yang pastinya minimal efek samping. Mau tahu obat apa itu? berikut jenis obat dan penjelasannya.

  1. Kompres dengan menggunkan air hangat

Kompres hangat adalah metode yang lebih ampuh untuk menurunkan demam daripada kompres dingin. Pembuluh darah yang melebar akibat suhu hangat dapat memicu produksi keringat dan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh, sehingga suhu tubuh akan menurun secara alami dari dalam.  Caranya yaitu cukup rendam waslap bersih ke dalam mangkuk yang berisi air hangat suam kuku (jangan air panas!), peras sisa air, dan usahakan tempelkan langsung ke daerah ketiak. Anda bisa kembali merendamnya di air dingin dan ulangi pengompresan jika diperlukan. Tapi jangan ditempelkan lebih dari 20 menit dan beri jeda selama 10 menit sebelum mulai mengompres lagi.

Ingat gunakan air hangat yah, jangan menggunakan air dingin. Karena ketika Anda menggunakan air dingin, tubuh akan menerjemahkan suhu dingin tersebut sebagai ancaman, yang nantinya akan membuat tubuh makin meningkatkan tubuhnya dengan memperparah demam.

 

  1. Jahe

Jahe memiliki kandungan antibakteri yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti menurunkan panas, tetapi juga untuk mengobati pilek, batuk, dan meredakan mual. Cara meredakan demam dengan menggunakan jahe yaitu dengan menggeprek jahe, lalu merebusnya. Tambahkan madu pada air rebusan jahe jika Anda menginginkan sedikit cita rasa manis dan minum air jahe tersebut.

 

  1. Kunyit

Kunyit mengandug zat bernama kurkumin yang memiliki banyak sekali manfaat untuk melawan berbagai penyakit. Kurkumin bisa bertindak sebagai antibakteri, antivirus, antifungal, dan juga antioksidan yang baik bagi tubuh. Hal ini juga lah yang membuta kunyit mampu untuk menurunkan demam. Cara meredakan dengan menggunakan kunyit yaitu parut 3-4 siung batang kunyit, kemudian siram parutan tersebut dengan air panas dan diamkan hingga mendingin. Setelah mendingin, peras parutan kunyit dan ambil airnya. Campurkan air tersebut dengan perasan jeruk nipis dan 2 sdm madu untuk menambah cita rasa. Ramuan tersebut bisa diminum sebanyak tiga kali sehari untuk menurunkan panas. Selain untuk dijadikan ramuan, kunyit yang ditumbuk juga bisa untuk mengompres kening dan perut untuk menurunkan demam pada anak.

 

  1. Bawang Merah

Bawang merah mengandung minyak atsiri, kaemferol, metialiin, sikloaliin, dan kuersetin yang dipercaya dapat menurunkan demam. Cara penggunaanya yaitu siapkan 5 buah bawang merah yang sudah dikupas dan sibersihkan. Kemudian parut bawang tersebut selanjutnya campurkan dengan sedikit minyak kelapa kedalam parutan bawang tersebut. aplikasikan parutan bawang tersebut keubun-ubun kepala atau pada bagian tubuh yang mengalami panas.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan demam secara alami. Apabila demam yang Anda derita setelah mencoba beberapa obat diatas belum kunjung sembuh setelah 2 hari, maka sebaiknya Anda segera kedokter atau puskesmas terdekat. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

 

Daftar Pustaka

Natural Home Fever Reducer Remedies http://www.livestrong.com/article/156852-natural-home-fever-reducer-remedies/ accessed April 2017

The Best Foods to Eat if You Have a Fever http://www.livestrong.com/article/194306-the-best-foods-to-eat-if-you-have-a-fever/ accessed April 2017


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store