Diabetes, Penyakit Metabolik Yang Belum Bisa Disembuhkan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

59

Metabolisme merupakan sekumpulan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia. Jika terjadi gangguan di dalamnya, tentu saja akan menimbulkan banyak masalah. Masalah metabolisme atau gangguan metabolisme bisa disebabkan oleh banyak hal yang mungkin juga tidak kamu sadari. Misalnya saja karena kurangnya enzim ataupun juga vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses metabolisme, adanya reaksi tidak normal yang menghambat proses metabolisme, kelainan pada organ penting penunjang metabolisme, dan beberapa hal lain.

Karena Mutasi Gen yang Diturunkan

Selain penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, gangguan metabolisme ini juga bisa disebabkan lantaran lantaran terjadinya mutasi gen yang diturunkan. Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah oleh National Institutes of Health, ada beberapa gen pada etnis tertentu yang bisa memicu terjadinya kelainan metabolisme bawaan. Misalnya saja penyakit anemia bulan sabit di Afrika ataupun juga penyakit kelainan sel hati di Eropa Utara.

Penyakit yang Disebabkan Gangguan Metabolisme

Sementara itu penyakit yang bisa disebabkan lantaran gangguan metabolisme cukup banyak jumlahnya. Namun yang paling umum terjadi adalah Diabetes mellitus tipe 1 ataupun tipe 2. Diabetes ini sendiri dipicu kurangnya kadar insulin dalam tubuh sehingga memicu gangguan lainnya. Diabetes atau penyakit tingginya kadar gula dalam darah ini tak bisa begitu saja disepelekan. Dulu, penyakit ini kerap ‘mampir’ pada tubuh usia di atas 40 tahun. Namun, semakin lama penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia muda. Gaya hidup yang tak sehat dicurigai sebagai penyebabnya.

Data International Diabetes Federation (IDF) mengungkapkan jumlah pasien diabetes di Indonesia mencapai 10 juta orang. Hal ini membuat Indonesia menempati peringkat ke-7 dunia. Oleh karena itu diagnosis dini perlu dilakukan untuk mencegah atau memperlambat komplikasi.

Diabetes hingga kini belum ada obat yang dapat membuat penyakit ini sembuh permanen. Penyakit ini, kata Wismandari, merupakan penyakit progresif atau selalu mengalami proses perburukan. Pasien yang sudah terkontrol gula darahnya atau dikatakan normal tetap tidak bisa dikatakan sembuh dari diabetes.  Ada lima pilar tatalaksana diabetes, yakni edukasi, pengaturan makan, aktivitas fisik, obat-obatan dan pemantauan mandiri. Kelima pilar ini harus tetap dijalankan walau kadar gula darah sudah normal sekalipun.

Mungkin sebagian orang beranggapan, diet untuk orang sehat dan penderita diabetes akan berbeda. Namun, sebenarnya keduanya tak ada bedanya. Baik bagi yang sakit maupun yang penderita diabetes tetap sama, yakni diet gizi seimbang.

Selain itu, aktivitas fisik adalah salah satu terapi non farmakologis yang disarankan. Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur 3-5 kali seminggu selama 30-45 menit akan menurunkan risiko terkena penyakit ini.. Penderita diabetes dianjurkan memilih latihan yang bersifat aerobik dengan intensitas sedang seperti jalan cepat, bersepeda santai, jogging, dan berenang.

Penderita diabetes juga tak boleh melupakan obat-obatan yang memang rutin diminum serta pilar terakhir ialah pemantauan mandiri. Pemantauan mandiri diharapkan dapat dilakukan oleh pasien diabetes dengan terapi insulin, wanita yang merencanakan hamil, wanita hamil dengan hiperglikemia atau gula darah melebihi jumlah normal dan mereka yang mengalami kejadian hipoglikemia berulang. (AI/CM)

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171114095511-255-255477/diabetes-penyakit-metabolik-yang-belum-bisa-disembuhkan


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store