Didiagnosa Menderita Kanker Payudara??? Ada 5 Hal yang Harus Anda Lakukan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

426

Baru saja didiagnosa menderita kanker payudara tentu saja akan terasa sangat menakutkan. Akan tetapi, bukan berarti kanker ini tidak dapat disembuhkan. Bila ditemukan pada stadium dini, maka banyak pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengangkat seluruh sel kanker yang ada.

Di bawah ini Anda dapat melihat apa saja yang perlu Anda lakukan saat mengetahui bahwa Anda menderita kanker payudara dan mulai melanjutkan hidup.

Tarik Napas Dalam-dalam

Hal ini mungkin terdengar bertolak belakang dengan apa yang baru saja Anda dengar, akan tetapi sangat dianjurkan untuk tetap tenang saat Anda mendengar diagnosa yang sangat menakutkan tersebut.

Beritahukan pada diri Anda bahwa diagnosa ini hanya sebuah batu kerikil dalam perjalanan kehidupan Anda dan bukanlah akhir dari kehidupan Anda. Perlu diketahui hanya sekitar 5% penderita kanker payudara yang mengetahui bahwa dirinya telah menderita kanker pada stadium lanjut, pada awal diagnosa. Sekitar 99% penderita berhasil sembuh dari kankernya dalam waktu 5 tahun setelah diagnosis.

Cari Tahu Pilihan Pengobatan yang Tersedia

Saat pertama kali mendengar bahwa Anda menderita kanker payudara, Anda mungkin tergoda untuk mencari berbagai informasi mengenai kanker payudara di internet dan terus merasa khawatir karenanya.

Hal ini tidak akan berdampak baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Akan lebih baik bila Anda mencari informasi dengan memeriksakan diri ke beberapa orang dokter spesialis bedah atau dokter spesialis onkologi, sehingga Anda pun dapat memperoleh informasi yang benar.

 

Percayai Insting Anda

Saat Anda mendengar bahwa diri Anda menderita kanker payudara, ada baiknya bila Anda mencoba untuk tetap tenang dan percayailah insting Anda. Anda tidak perlu harus terburu-buru memulai pengobatan. Anda dapat mempertimbangkan berbagai pilihan yang ada dan memilih pengobatan yang menurut Anda dan dokter Anda paling sesuai bagi Anda. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh menunggu terlalu lama.

 

Ubah Gaya Hidup Anda

Selain berbagai pengobatan seperti radiasi, kemoterapi, tindakan pembedahan, dan terapi alternatif lainnya; mengubah gaya hidup juga memiliki peranan yang penting dalam pengobatan kanker payudara.

Dianjurkan untuk mengurangi konsumsi berbagai jenis makanan yang terbebas dari petroleum, pestisida, dan plastik. Karena ketiga zat ini adalah xeno-estrogen yang akan memiliki efek seperti estrogen di dalam tubuh. Ketiganya dapat membuat sel kanker semakin cepat berkembang. Untuk itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan organik dan menghindari makanan siap saji.

 

Ubah Pola Pikir Anda

Hal lain yang juga penting dan harus Anda lakukan adalah mengubah pola pikir Anda dari “Sekarat karena Kanker” menjadi “Hidup dengan Kanker”. Perubahan ini dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti melakukan apa yang Anda sukai dan menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang Anda sayangi.