Diet Hipertensi: Yang Harus dan Tidak Boleh Dimakan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

234

Peraturan pertama untuk menurunkan tekanan darah adalah mengurangi atau menghentikan konsumsi dari garam. Tetapi diet hipertensi tidak hanya mengenai garam, ada beberapa jenis makanan yang memang harus Anda masukkan ke menu diet Anda dan ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari.

Sayur-sayuran

Mengkonsumsi sayuran merupakan pilihan yang menyehatkan. Sangat direkomendasikan untuk Anda mengkonsumsi sayuran berdaun hijau gelap untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Kafein 

Kafein yang banyak terkandung di kopi dapat dengan cepat meningkatkan tekanan darah, yang mungkin bisa memberikan efek baik jika Anda memang dalam kondisi yang lemah energi dan tekanan darah rendah. Tetapi jika Anda menderita tekanan darah tinggi maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi kafein.

Batasi alkohol

Alkohol tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi konsumsi alkohol berulang dapat menyebabkan tekanan darah naik secara konstan dan dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu sangat penting untuk menghidari konsumsi alkohol untuk menurunkan tekanan darah

Kurangi garam

Pembatasan sodium akan mengontrol tekanan darah dan juga dapat mencegah timbulnya darah tinggi untuk mereka yang belum mengalami tekanan darah tinggi. WHO merekomendasikan tidak lebih dari 2.000mg sodium atau lima gram garam, yang setara dengan satu sendok teh perhari. Jangan lupa untuk mengawasi kandungan garam pada makanan dalam kemasan, fast food dan makanan kaleng, dan semua sumber garam lainnya.

Susu skim

Jika Anda ingin menurunkan tekanan darah, konsumsinya segelas susu skim setiap harinya. Susu skim kaya akan kalsium dan vitamin D. kedua nutrisi ini bekerja secara tim untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan kekuatan tulang Anda. selain itu, kandungan vitamin D dan kalsium dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.