Diet Mayo: Solusi Hidup Sehat Dari The Mayo Clinic

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

182

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan merupakan sebuah tantangan yang sangat berat. Beragam cara ditawarkan termasuk jenis olahraga, jenis diet makanan dan lainnya. Salah satu alternatif terbaru dalam hal diet pola makan adalah Diet Mayo. Bukan, bukan berati diet mayo adalah mengkonsumsi mayoneise setiap hari! (Karena banyak orang menyalah artikan kata-kata mayo pada diet ini), namun diet ini diciptakan oleh salah satu pusat kesehatan terkenal di Amerika Serikat yaitu Mayo Clinic.

Diet Mayo secara konsisten menjadi pilihan di antara diet terbaik untuk kesehatan dan penurunan berat badan, berdasarkan survei tahunan The News & World Report. Edisi kedua The Mayo Clinic Diet diterbitkan pada tahun 2017, buku ini lebih merinci rencana pola makan pada diet mayo.

Apakah Diet Mayo dan Apa yang dijanjikan oleh alternatif penurun berat badan ini?

Piramida makanan pada diet mayo mengutamakan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Secara umum, makanan jenis ini memiliki tingkat energi yang rendah, yang berarti Anda dapat makan lebih banyak tetapi mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Anggap saja seperti ini: untuk jumlah kalori yang sama, Anda dapat mengkonsumsi ¼ snickersbar atau sekitar 2 cangkir brokoli. Dengan mengikuti Diet Mayo, Anda diharapkan untuk menurunkan 6 hingga 10 pon (setara 2.7-4.5 kg) dalam dua minggu dan secara konsisten akan terus kehilangan 1 hingga 2 pon (0.5-1 kg) per minggu sampai Anda mencapai berat badan impian Anda. Sebuah alternatif diet yang sangat menjanjikan, bukan?

Diet Mayo terbagi menjadi dua bagian – “Lose It!” dan “Live It!” – dengan instruksi yang sedikit berbeda untuk masing-masing bagian. Fase 1 (Lose It!) dimaksudkan untuk memulai proses penurunan berat badan, dan fase 2 (Live It!) membantu Anda melanjutkan dan mempertahankan kebiasaan sehat. Sebagai tambahan pada pengaturan pola makan, Anda juga harus bergerak setidaknya 30 hingga 60 menit setiap hari, tetapi apa yang Anda lakukan dan kapan Anda melakukannya sepenuhnya terserah Anda. Mayo Clinic menyediakan petunjuk olahraga, mulai dari menyelipkan lebih banyak olahraga ke dalam rutinitas harian Anda (contohnya: memarkir mobil lebih jauh dari mal dan menaiki tangga saat di kantor).

Contoh Menu Harian:

Terdapat beberapa tingkatan kalori pada Diet Mayo. Berikut ini adalah rencana makan harian pada tingkatan 1.200 kalori per hari:

Sarapan: 1/2 cangkir oatmeal dimasak dengan 1 cangkir susu dan 2 sendok makan kismis, 1/4 cangkir mangga, minuman bebas kalori

Makan siang: quinoa dan kue ubi jalar, digabungkan dengan salad dan saus bebas lemak, minuman bebas kalori

Makan malam: 1 roti pizza, 3/4 cangkir buah campuran, minuman bebas kalori

Snack: 1 cangkir irisan paprika dan 2 sendok makan hummus

Apa kata ahli tentang diet mayo?

Diet Mayo akan membantu Anda menurunkan berat badan, asalkan Anda mengikuti aturan. Namun, cukup disayangkan bahwa satu-satunya penelitian khusus yang mengevaluasi diet mayo ini berasal dari Mayo Clinic sendiri. Menurut penelitian ini, hasil yang didapatkan cukup menjanjikan karena prinsip-prinsip di balik pola diet yang disajikan didukung oleh penelitian penting seputar nutrisi dan makanan. Hasil ini menunjukkan potensi untuk penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan.

Pada uji trial di tahun 2008, 53 karyawan obesitas di Mayo clinic mengikuti “Lose it!” selama dua minggu, dan mendapatkan penurunan berat badan rata-rata 8 pon (3.6 kg). Sejatinya terdapat penelitian lain yang dilakukan terhadap 97 wanita gemuk, penelitian ini memusatkan diet pada pola makan rendah energi dan rendah lemak. Pada kelompok rendah lemak, diet mengutamakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Setelah setahun, kedua kelompok kehilangan berat badan, dan peserta diet buah-dan-sayuran kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan peserta diet rendah energi.

Apakah Anda tertarik untuk memulai diet mayo ini? Anda dapat melakukan konsultasi kepada kami untuk memenuhi kebutuhan Anda terhadap menu makanan selama mengikuti Diet Mayo. Semoga sehat selalu! (TYA/STE)

DAFTAR PUSTAKA

  1. The Mayo clinic. 2016. The Mayo clinic Diet: A weight-loss program for life, available on https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/mayo-clinic-diet/art-20045460
  2. Amanda Gardner, Lisa Fields. 2018. The Mayo clinic Diet, available on https://www.webmd.com/diet/a-z/mayo-clinic-diet
  3. Rena Goldman. Is the Mayo clinic Diet Effective and Sustainable? A Review of the Weight Loss Plan, available on https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/mayo-clinic-diet.aspx#phase1

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store