Diet Meal Plan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

136

Diet meal plan adalah merencanakan menu diet kita sesuai dengan tujuan yang kita inginkan. Yang paling populer saat ini adalah diet meal plan untuk menurunkan berat badan, selain itu ada pula diet meal plan untuk penyakit tertentu seperti diet meal plan untuk penderita tekanan darah tinggi, kencing manis, dan untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

Merencanakan diet artinya membuat daftar tentang apa yang harus dilakukan selama program diet. Harus ditanamkan niat yang sungguh-sungguh dalam hati nurani untuk konsisten dengan program diet yang dilakukan. Banyak yang gagal dalam program diet karena tidak konsisten. Perlu dicatat bahwa sangat susah mengubah pola makan kita secara drastis dalam waktu seketika. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menyusun menu diet sehat selama seminggu. Dengan perencanaan diet selama seminggu berat badan tidak akan turun secara drastis, dan tubuh mampu beradptasi perlahan-lahan dengan perubahan pola makan kita, yang akhirnya pola makan tersebut akan seterusnya dilakukan

Langkah-langkah yang harus kita lakukan sebelum merencanakan menu diet adalah:

a. Menghitung Berat Badan Ideal (BBI) kita, dengan rumus Brocha, yaitu:

 (Tinggi Badan – 100)  –  (10% x Tinggi Badan)

(*) Ket: Tinggi Badan dalam cm

b.  Menghitung Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT), yaitu perbandingan standar berat badan terhadap tinggi badan, sering digunakan sebagai indikator kesehatan umum.

Rumus dari IMT :                 Berat Badan (Kg)

Tinggi Badan x Tinggi Badan (m)

Interpretasi :

  • > 40 :  obese III
  • 35 – 39,9 :  obese II
  • 30 – 34,5 :  obese I
  • 25 – 29,9 :  praobese
  • 18,5 – 24,9 :  normal
  • 17 – 18,4 :  mild underweight
  • 16 – 16,9 :  moderate underweight
  • < 16 :  severe underweight

    c. Menghitung Basal Metabolic Rate (BMR) atau Angka Metabolisme Basal (AMB) adalah kebutuhan minimal yang dibuthkan tubuh untuk menjalankan proses tubuh yang vital, energi ini dibutuhkan untuk proses pernapasan, peredaran darah, kerja ginjal, pankreas, proses metabolisme, mempertahankan suhu tubuh, dan proses-proses dalam tubuh lainnya.
    d. Menghitung kebutuhan energi, yaitu BMR dikalikan dengan aktivitas fisik, dimana aktivitas fisik disesuaikan dengan pekerjaan/aktivitas kita sehari-hari.

Untuk mendapatkan hasil diet yang memuaskan, diet tidak boleh sembarangan. Menu diet sehat harus mengandung zat gizi yang seimbang yang dibuthkan oelh tubuh, serta mengkonsumsi lemak dengan tidak berlebihan. Konsumsi lemak yang dianjurkan adalah 62 gram/hari atau sekitar 20-30% dari total kebutuhan kalori kita.

Berikut adalah tips dan trik yang bisa digunakan dalam menyusun menu diet dalam seminggu:

  • Untuk sarapan, pilihlah makanan yang rendah kalori tetapi tetap mempunyai nilai gizi, antara lain protein dan karbohidrat. Menu pilihan untuk sarapan dapat berupa bubur gandum, roti, telur dadar, buah, the hijau, air putih dan jus buah.
  • Untuk makan siang, jumlah konsumsi karbohidrat harus lebih sedikit dari protein, artinya menu yang dibuat adalah menu rendah kalori. Sayuran tidak selalu harus dalam bentuk salad, sayuran dapat ditumis atau dibuat sup. Untuk menu lauk diusahakan untuk mengolah dengan cara dipanggang atau dikukus, untuk menghindari penggunaan minyak dan lemak yang berlebihan. Penggunaan gula dan garam harus pula dibatasi.
  • Makan malam dalam porsi kecil, karena pada malam hari aktivitas kita lebih sedikit dibandingkan pada siang hari. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi sumber pati dan mengkonsumsi banyak serat. Jika ingin mengkonsumsi pati dapat berupa karbohidrat kompleks seperti nasi merah.
  • Untuk snack atau makanan selingan pada pagi (jam 10.00) dan sore (jam 16.00) konsumsilah kue gandum, pepaya dengan jeruk nipis, yogurt, kraker atau jus buah. Makanan selingan ini efektif karena dengan mengkonsumsi makanan pada jam-jam tersebut akan menghindari kita untuk makan berlebihan pada waktu makan siang atau makan malam. (EDA)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store