Diet Sehat Bagi Penderita DM Tipe 1

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

96

Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak mampu memproduksi cukup hormon insulin atau ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Diabetes mellitus tipe 1 termasuk jenis diabetes dengan produksi insulin yang rendah.

Kadar gula dalam darah biasanya dikendalikan oleh hormon insulin, karena hormon ini bekerja untuk memasukkan gula darah ke dalam sel. Jika tubuh kurang insulin kadar gula darah akan meningkat drastis akibat terjadinya penumpukan gula darah, ini yang disebut hiperglikemia.

Penyebab kurangnya produksi insulin oleh pankreas pada penderita DM tipe 1 belum diketahui hingga saat ini sehingga belum dapat disimpulkan cara pencegahannya. DM tipe 1 dapat timbul pada usia berapa pun, umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun, khususnya anak-anak (childhood-onset diabetic).

Tujuan diet pada DM tipe 1 adalah untuk:

  • Mengendalikan kadar gula dan lemak darah
  • Memperhatikan asupan energi dan protein untuk tumbuh-kembang disamping kebutuhan gizi lainnya
  • Menghasilkan status kesehatan dan gizi yang memadai
  • Mencegah komplikasi akut maupun kronis yang dapat membawa kematian atau disabilitas

Penderita DM tipe 1 memerlukan terapi diet untuk mengendalikan kadar gula darah. Terapi harus mencakup pada beberapa hal berikut ini:

  • Makan secara teratur
  • Makan dengan jumlah kalori yang adekuat untuk memungkinkan tumbuh-kembang yang normal
  • Batasi asupan lemak, khususnya lemak jenuh dan kolesterol
  • Batasi asupan gula sederhana termasuk gula pasir, gula aren, madu, sirup jagung, dan mungkin pula fruktosa
  • Meningkatan asupan serat hingga 25 gram/hari
  • Pertahankan berat badan normal
  • Ikut berolahraga dalam perencanaan kesehatan

Beberapa anjuran diet sehat untuk penderita DM tipe 1, antara lain:

  1. Makan 5-6 kali setiap hari pada waktu yang kurang lebih sama dengan jarak 3 jam dan terdiri atas 3 kali makan pokok serta 3 kali camilan. Saat makan harus disesuaikan dengan saat penyuntikan insulin.
  2. Usahakan minum minuman yang bebas gula dan kaya serat, seperti agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling. Jika minuman ini akan di minum bersama sirup, gunakan sirup diet yang menggunakan pemanis seperti aspartam.
  3. Pilihlan camilan yang rendah lemak dan rendah indeks glikemiknya seperti pisang rebus, roti, kacang hijau (jangan ditambahkan gula pasir dan santan, sebagai penggantinya gula diet dan susu diabetes).
  4. Biasakan memakan buah-buahan yang segar, khususnya buah yang bisa dimakan bersama kulitnya seperti apel, belimbing, jambu, dan tomat.
  5. Hindari kebiasaan makan buah-buahan kaleng atau manisan yang direndam dalam sirup.
  6. Minum susu rendah lemak seperti susu skim dan susu kedelai.
  7. Lakukan olahraga sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari. Kalau mungkin berjalan atau bersepeda. Olahraga tidak boleh dilakukan bila kadar gula darah tidak terkontrol (>250 mg/dL)

Pengendalian gula darah dengan melakukan diet, olahraga yang teratur dan terapi insulin serta pemantauan gula darah di rumah akan membantu perawatan pengendalian diabetes mellitus tipe 1. (REG/STE)

Daftar Pustaka

  1. Dansinger M. Type 1 diabetes. 2016. Available at https://www.webmd.com/diabetes/type-1-diabetes#1
  2. Mir F. Nutrition in patients with diabetes. 2015. Available at https://emedicine.medscape.com/article/2049455-overview

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store