Diet Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

188

Anda menderita tekanan darah tinggi? Jika Ya, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi garam Anda. Asupan garam yang tinggi dapat menganggu keseimbangan natrium alami yang ada dalam tubuh Anda. Kadar natrium dalam tubuh yang tinggi bisa mengikat air, sehingga bisa menyebabkan retensi air atau air tertahan dalam tubuh. Kemudian hal ini dapat meningkatkan tekanan yang diberikan oleh aliran darah terhadap dinding pembuluh darah. Akhirnya, terjadilah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Oleh karena itu penderita hipertensi disarankan untuk mengurangi asupan garamnya, walaupun ia sudah mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darahnya.

Yang dimaksud dengan garam disini adalah garam natirum yang terdapat dalam hampir semua bahan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuh-tumbuhan. Salah satu sumber utama garam natrium adalah garam dapur, oleh karena itu dianjurkan konsumsi garam dapur tidak lebih dari ¼ – ½ sendok teh / hari atau dapat menggunakan garam lain diluar natirum.

Mengatur menu makanan sangat dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi untuk menghindari dan membatasi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah serta meningkatkan tekanan darah, sehingga penderita tidak mengalami stroke atau infark jantung.

Makanan yang harus dihindari atau dibatasi adalah:

  1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak, ginjal, paru, minyak kelapa, gajih)
  2. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam natrium (biskuit, craker, keripik, dan makanan kering yang asin)
  3. Makanan dan minuman dalam kaleng (sarden, sosis, kornet, sayuran serta buah-bauahan dalam kaleng, soft drink)
  4. Makanan yang diawetkan (dendeng, asinan sayur buah, abon, ikan asin, pindang, udang kering, telur asin, selai kacang)
  5. Susu full cream, mentega, margarin, keju, mayonnaise, serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi/kambing), kuning telur, kulit ayam.
  6. Bumbu-bumbu seperti kecap, maggi, terasi, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lain yang pada umumnya mengandung garam natrium.
  7. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian dan

Rasa tawar pada makanan dapat diperbaiki dengan menambah gula merah, gula pasir, bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, salam dan bumbu lain yang tidak mengandung atau sedikit garam Natrium. Makanan akan terasa lebih enak jika ditumis, digoreng, atau di panggang walaupun tanpa garam.

Anda dapat mencoba menambahkan bawang goreng pada makanan Anda untuk menambahkan rasa gurih pada makanan. Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi garam, maka Anda dapat membubuhkan garam saat di atas meja makan. Gunakan garam beryodium dan ingat untuk mengonsumsi garam tidak lebih dari ½ sendok teh / hari. (EDA/STE)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store