DIET UNTUK PENDERITA TUBERKULOSIS

50

Pemenuhan nutrisi untuk pasien TB bertujuan untuk menjaga berat badan dan juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh penderita. Kekurangan gizi dapat membuat penyakit ini semakin parah dan semakin lama proses penyembuhannya. Berikut ini sumber makanan yang dibutuhkan penderita TB untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, antara lain:

  1. Sumber karbohidrat

Penderita TB sangat membutuhkan banyak energi yang diperoleh dari makanan sumber karbohidrat. Energi yang didapat dari makanan tersebut digunakan sebagai bahan bakar sel-sel dalam tubuh untuk melawan infeksi. Karbohidrat juga digunakan tubuh untuk menjaga berat badan. Berat badan yang kurang pada penderita TB dapat memperburuk penyakit. Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, bubur, nasi tim, kentang, roti dan lainnya.

  • Sumber protein

Protein digunakan tubuh untuk mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan dan menjaga berat badan agar masih dalam rentang normal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sumber protein bisa didapat dari dua sumber, yaitu sumber hewani dan sumber nabati. Contoh protein sumber hewani misalnya ayam, daging tanpa lemak, ikan, seafood, susu, keju dan telur. Contoh sumber protein nabati adalah tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai dan lainnya.

  • Sayuran

Dalam sayuran terdapat berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral, terutama yang kaya akan antioksidan (seperti vitamin A dan vitamin C), mampu membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah berbagai jenis sayuran, contohnya seperti bayam, buncis, daun singkong, kacang panjang atau labu siam.

  • Buah-buahan

Buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk membantu tubuh melawan infeksi. Buah-buahan bisa dikonsumsi langsung sebagai pencuci mulut setelah makan atau bisa dibuat jus.

Pastikan untuk mengonsumsi produk sumber makanan diatas dalam sekali makan. Idealnya, makan makanan utama sebanyak 3 kali dalam sehari dan 2 kali makanan selingan. Makanan selingan bisa berupa roti, susu, buah, salad sayur dan makanan sehat lainnya dalam porsi kecil.

Berikut ini ada juga beberapa kebiasaan yang harus diperhatikan dan dihindari saat menderita TB, antara lain:

  • Batasi konsumsi minuman berkafein dan bersoda
  • Batasi konsumsi makanan dengan lemak tinggi, seperti daging berlemak dan jeroan
  • Hentikan kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok
  • Hentikan kebiasaan minum alkohol.

Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat, melakukan olahraga teratur, mendapatkan waktu tidur yang cukup dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan penting untuk dilakukan. Selain itu, yang paling penting adalah mengonsumsi obat TB secara teratur dan disiplin sesuai anjuran dokter agar cepat sembuh dan tidak kambuh lagi. (RD)

Sumber:

  1. The Right Diet to Beat Tuberculosis. 2009. Available at: http://www.everydayhealth.com/tuberculosis/the-right-diet-to-beat-tuberculosis.aspx
  2. Dietary Tips for Tuberculosis Patients. 2018. Available at: http://www.netwellness.org/healthtopics/tuberculosis/tbdiet.cfm