Dukungan Keluarga Terhadap Lansia

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

194

Pada umumnya masalah psikologis yang paling banyak terjadi pada lansia adalah kesepian. Keadaan yang lain yang sering terjadi pada lansia yaitu isolasi sosial, kehilangan, kemiskinan, perasaan ditolak, perjuangan menemukan makna hidup, ketergantungan perasaan, tidak berdaya, putus asa, ketakutan terhadap kematian, sedih karena kematian orang lain, kemunduran fisik dan mental, depresi, dan rasa penyesalan mengenai hal-hal yang lampau

Kesepian akan sangat dirasakan oleh lanjut usia yang hidup sendirian. Kondisi tanpa anak, kondisi kesehatanya rendah, tingkat pendidikanya rendah, kepribadian introvert atau tertutup, rasa percaya diri rendah, kondisi sosial ekonomi sebagai akibat pensiunan akan menimbulkan perasaan kehilangan hubungan sosial, kewibawaan, dan sebagainya. Salah satu cara untuk membantu mengurangi kesepian adalah dengan adanya dukungan keluarga dan orang-orang disekitarnya.

Pengertian dukungan keluarga

Dukungan keluarga adalah salah satu faktor penguat (reinforcing factor) yang sangat mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Dukungan keluarga adalah sikap, perilaku dan penerimaan keluarga terhadap salah seorang anggota keluarganya.

Menurut hasil penelitian Kaur, Kaur, Venkateashan (2015), lansia yang secara medis sehat memiliki dukungan keluarga yang baik. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang-orang lansia yang sehat melakukan kegiatan mereka sehari-hari dibantu oleh keluarga dan juga secara mandiri.

Selain itu, kualitas hidup lansia sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menyebabkan seorang lansia bisa berguna dimasa tuanya. Rasa berguna dimasa tua membutuhkan kemampuan untuk menyesuaikan diri dan menerima segala macam perubahan dan kemunduran yang sedang dialami lansia. Penghargaan dan perlakuan yang wajar dari keluarga dan lingkungan lansia tersebut juga akan berarti untuk membuat lansia merasa berguna untuk lingkungan disekitarnya.

Keluarga memiliki peranan yang penting dalam konsep sehat sakit anggota keluarganya yang sudah lansia, karena keluarga merupakan sebuah sistem pendukung yang memberikan perawatan langsung terhadap anggota keluarganya yang sakit. Dukungan keluarga yang baik akan berdampak pada fisik, psikologis, sosial, dan lingkungan yang akan berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup lansia.

Dukungan yang dapat diberikan

Menurut Goldsworthy (1998) yang dikutip oleh Friedman (2003), bahwa ada 4 (empat) jenis dukungan sosial yaitu:

  1. Dukungan emosi, yaitu adanya rasa empati, percaya dan perhatian;
  2. Dukungan instrumental, yaitu membantu orang secara langsung, kenyamanan, dan adanya    kedekatan.
  3. Dukungan informasi, yaitu upaya memberikan informasi mengenai hal-hal yang dinilai positif dan dapat meningkatkan pengetahuan dan tindakan.
  4. Dukungan sipritual, yaitu dukungan dalam bentuk harapan, doa, pengertian dan memahami alasan-alasan.

Sudahkah Anda menghubungi keluarga lansia Anda? (LM/STE)

Referensi

Khorni, S. A. (2017). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup lansia di Desa Gonilan Kecamatan Kertasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wulandhani, S. A., Nurchayati, S., Lestari, W. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Lansia Hipertensi dalam Memeriksakan Tekanan Darahnya. JOM PSIK Vol 1 No 2


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store