Saat Hamil, Makan Durian Boleh Gak Ya?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

338

Durian, buah surga kata orang. Tapi sayangnya, durian adalah salah satu pantangan untuk ibu hamil kalau mereka tidak ingin terjadi kontraksi sebelum “harinya”. Ada dua kandungan zat yang terdapat pada buah durian yang memberikan dampak terhadap kehamilan, yaitu asam arachidonat dan alkohol. Asam arachidonat dapat merangsang pembentukan Prostaglandin yang dapat menimbulkan kontraksi. Kontraksi ini dapat memicu terjadinya keguguran pada trimester awal dan kelahiran prematur pada trimester akhir. Kandungan alkohol yang terdapat di dalam buah durian juga akan mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin, akhirnya bayi akan lahir prematur atau lahir dengan berat badan yang rendah (BBLR).

Jadi, apakah ibu hamil tidak boleh makan durian sama sekali?

Bunda tidak perlu was-was bila mengkonsumsi durian dalam jumlah yang sedikit. Pada dasarnya, kedua zat tersebut tidak akan berpengaruh besar apabila dikonsumsi masih dalam keadaan segar, terjaga kebersihannya, dan juga tidak berlebihan.

Berapa banyak yang boleh dikonsumsi?

Bunda dapat mengkonsumsinya setengah buah saja dalam sehari.

Bagaimana dengan produk olahan durian?

  • Produk olahan durian juga memiliki kadar zat alkohol dan juga arachidonat, hanya kadarnya lebih rendah ketimbang dengan buah durian yang masih segar. Meskipun demikian, bukan berarti bunda dapat mengkonsumsi produk olahan durian dengan porsi yang besar.
  • Untuk sebagian produk, proses pembuatan dan bahan bahan lainnya akan menentukan kandungan nutrisi untuk kesehatan anda. (RA)

Jadi bunda, please choose wisely ya! (RA/CM)

Sumber :

  1. Bolehkan Ibu Hamil Makan Durian? (https://bidanku.com/bolehkan-ibu-hamil-makan-durian)
  2. Ibu hamil makan durian, apakah aman buat janin dirahim? (http://hamilplus.com/ibu-hamil-makan-durian-apa-boleh/)

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store