Ejakulasi Dini: Mimpi Buruk Pada Pria Yang Dapat Diatasi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

67

Ejakulasi dini adalah sebuah masalah bagi pria. Secara  umum ejakulasi dini dapat menyebabkan ketidakharmonisan pada kehidupan rumah tangga. Selain itu ejakulasi dini juga dapat menyebabkan pria kehilangan kepercayaan diri, merasa tidak berguna karena tidak mampu melayani istri, dan merasa kehilangan aspek kelaki-lakian yang nyata.

 

Secara epidemiologis, satu dari tiga pria mengatakan pernah menghadapi masalah ini selama masa hidupnya. Sementara di Amerika Serikat 30%-70% pria pernah mengalami kejadian ini dalam hidupnya. Ejakulasi dini juga merupakan masalah seksual yang paling sering terjadi pada pria dengan usia di bawah empat puluh tahun.

 

Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria ejakulasi terlebih dahulu dibanding pasangannya. Jika hal ini terjadi terus-menerus, dapat dicurigai adanya ejakulasi dini. Selain itu gejala ejakulasi dini yang lain adalah:

  • Selalu atau hampir selalu ejakulasi saat menit pertama setelah penetrasi
  • Tidak mampu menunda ejakulasi saat hubungan intim
  • Merasa stres dan frustasi sehinggga menhindari hubungan seksual.

 

Ejakulasi dini terbagi menjadi dua, yaitu ejakulasi dini primer yang terjadi sejak pengalaman seksual pertama. Sedangkan yang kedua adalah ejakulasi dini sekunder yang muncul setelah pada hubungan-hubungan intim sebelumnya tidak pernah terjadi masalah ejakulasi.

 

Ejakulasi dini dapat diakibatkan oleh beebrapa faktor seperti faktor biologis dan faktor psikologis. Fakor psikologis yang menyebabkan hal ini di antaranya:

  • Pengalaman seksual yang dini
  • Pernah mengalami kekerasan seksual
  • Memiliki pandangan negatif tentang tubuhnya
  • Depresi
  • Sering khawatir dengan ejakulasi dini
  • Perasaan bersalah yang mengakibatkan sering terburu-buru dalam kegiatan seksual

 

Selain faktor psikologis, ada faktor biologis yang juga dapat mengakibatkan terjadinya ejakulasi dini, Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah:

  • Tingkat hormon dalam tubuh yang abnormal
  • Tingkat neurotransmitter dalam tubuh yang abnormal
  • Infalmasi dan infeksi pada prostat atau uretra

Jika mencurigai adanya ejakulasi dini, sebaiknya segera menemui dokter untuk diperiksa. Lumrah jika banyak pria yang merasa malu dengan ejakulasi dini. Masalah ini dapat ditangani dan diobati oleh dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan awal dan menentukan langkah selanjutnya. Jika faktor biologis atau hormonal yang menjadi masalah, dokter akan melakukan terapi sesuai dengan masalah yang ada. Jika faktor psikologis yang ada dokter dapat merujuk kepada psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Ejakulasi dini merupakan masalah umum yang diderita banyak pria di dunia. Ejakulasi dini terjadi jika seorang pria selalu atau hampir selalu ejakulasi satu menit setelah penetrasi. Ejakulasi dini dapat dibagi menjadi ejakulasi dini primer dan sekunder. Masalah ini dapat diakibatkan oleh faktor psikologis dan faktor biologis. Jika mendapati adanya ejakulasi dini, tidak perlu malu untuk menemui dokter karena ejakulasi dini merupakan sebuah masalah yang dapat diobati dan ditangani. (RPG)

Sumber

(DEEM, Samuel, 2018) (MAYO CLINIC STAFF, 2018)


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store