Fakta Bahaya Konsumsi Alkohol

125

Berdasarkan penelitian dikatakan setiap tahunnya ada sekitar 2,5 juta kematian yang disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol di seluruh dunia. Selain memberikan kerugian pada masalah kesehatan setiap individu.

Alkoholisme dapat menyebabkan terjadinya perilaku kekerasan, menyebabkan kecelakaan, dan dapat mempengaruhi hubungan serta produktivitas kerja

Berikut adalah fakta bahaya konsumsi alkohol:

  • Hampir 2,5 juta kematian terkait alkohol terjadi setiap tahun, terutama dari negara-negara berkembang.
  • Sekitar 4% dari seluruh kematian adalah penyakit yang berhubungan dengan alkohol, seperti penyakit jantung, penyakit hati kronis (sirosis hati), dan kanker.
  • Sekitar 6,2% dari kematian pada laki-laki berhubungan dengan penggunaan alkohol sementara satu persen kematian pada wanita terkait alkohol.
  • Di antara usia 15 sampai 19 orang tahun, sekitar 320.000 orang meninggal setiap tahunnya karena penyalahgunaan alkohol. Hal ini menyumbang hampir sembilan persen dari semua kematian di kelompok usia ini.
  • Kabar baiknya adalah bahwa hampir separuh dari semua pria dan dua-pertiga dari semua wanita tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Bersama dengan merokok pola makan yang buruk, dan kurang olahraga, penggunaan alkohol merupakan faktor risiko utama untuk mengembangkan penyakit tidak menular, termasuk kanker, kencing manis, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru kronis.
  • Selain penyakit tidak menular, penggunaan alkohol juga berhubungan dengan penyakit menular seperti infeksi menular seksual, HIV / AIDS, dan tuberkulosis. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, mempengaruhi penilaian seseorang dan mengurangi kepatuhan pasien terhadap pengobatan.

Sumber: newhealthguide