FAKTA BAHAYA RADIASI HANDPHONE BAGI KESEHATAN

6

Saat ini, telepon genggam semakin tidak bisa terpisahkan dan menjadi bagian penting dalam menjalani aktivitas harian. Tapi, hal itu kerap menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang, terutama terkait radiasi yang dipancarkan dari telepon genggam. Banyak yang menyebut bahwa radiasi dari telepon genggam bisa memberi dampak yang buruk bagi kesehatan. Benarkah?

Radiasi gelombang radio yang diterima dan dikirimkan oleh handphone dapat menyebar ke segala arah, termasuk tubuh. Radiasi handphone tidak sama dengan radiasi jenis lain, seperti sinar X dalam foto Rontgen dan CT scan, yang sudah dipastikan berbahaya jika terpapar terlalu sering. Radiasi handphone belum diketahui secara pasti efeknya pada kesehatan. Namun terdapat beberapa kemungkinan pengaruh radiasi handphone pada tubuh.

Berikut beberapa kemungkinan efek yang ditimbulkan dari radiasi handphone terhadap tubuh:

  1. Gangguan kesuburan pada pria

Pria yang menggunakan hands-free saat menelepon cenderung menaruh handphone pada saku celana atau menyelipkannya pada ikat pinggang. Karena letaknya yang berdekatan dengan organ intim, kemungkinan radiasi yang dikeluarkan handphone dapat memengaruhi sperma. Sperma yang terekspos radiasi mungkin dapat mengalami kerusakan, kemampuan bergeraknya lebih rendah, dan daya tahan hidupnya sebentar. Namun data penelitian mengenai temuan ini masih belum konsisten dan masih perlu ditinjau lebih lanjut.

  • Insomnia

Keluhan bisa berupa sulit memulai tidur, sering terbangun dari tidur, sulit tidur lagi setelah terbangun malam hari, dan cepat bangun di pagi hari. Hal ini dikaitkan dengan rangsangan sinar yang terlalu terang serta radiasi elektromagnetik dari ponsel.

  • Kanker

Hubungan antara radiasi handphone dan kanker masih kontroversial. Hingga kini belum ada bukti kuat yang menyatakan radiasi handphone dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Berdasarkan penelitian dan observasi para ahli dari berbagai organisasi kesehatan termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), radiasi handphone sejauh ini diperkirakan mungkin dapat berdampak kanker pada manusia. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung kesimpulan tersebut.

  • Vertigo

Vertigo adalah gejala yang dialami oleh individu yang merasa sekelilingnya berputar. Kondisi yang terkadang menimbulkan vertigo diantaranya pengerasan pembuluh darah (arteriosclerosis), gangguan pada pembuluh otak, kafein, nikotin, dan alkohol. Namun, menurut teori terbaru tentang melatonin, melatonin yang rendah dapat menimbulkan gejala ini. Salah satu penghambat produksi hormon melatonin adalah radiasi elektromagnetik, termasuk berasal dari ponsel.

Kemajuan teknologi HP semakin banyak membantu beragam aktivitas. Namun, disarankan tetap menggunakan HP secara tidak berlebihan, untuk menekan risiko bahaya radiasi HP yang dapat memicu gangguan kesehatan. (RH)

Daftar Pustaka

  1. Enny. Efek Samping Penggunaan Ponsel. GEMA TEKNOLOGI. 2014. 12(4). 178-183
  2. Lewis, et al. NCBI (2017). Self-Reported mobile phone use and semen parametes among men from fertility clinic. Reproductivr toxicology (Elmsford, NY), 67, pp. 42-47