Fakta-Fakta Berhubungan Intim Saat Menstruasi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

54

Berhubungan seksual saat menstruasi memang menuai pro dan kontra. Menurut kepercayaan tertentu di masyarakat, bercinta saat wanita sedang menstruasi adalah dilarang. Namun, ada pula kalangan tertentu yang melakukannya dan tidak beranggapan demikian. Jika dilihat dari segi medis, berhubungan seks saat menstruasi memiliki beberapa manfaat yaitu:

  • Jika Anda mengalami gejala seperti kram, perasaan sedih, atau depresi selama menstruasi, seks saat menstruasi mungkin akan bermanfaat. Karena saat orgasme Anda akan melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi beberapa gejala nyeri saat menstruasi dan meredakan depresiatau bad mood.
  • Berhubungan seks saat menstruasi juga bisa memberi kepuasan yang lebih, karena gejolak hormon sedang naik turun secara drastis.

 

Kendati seks saat menstruasi bermanfaat bagi Anda, namun ada pula resikonya, diantaranya:

  • Berisiko lebih tinggi terkena penyakit menular seksualdibandingkan melakukan hubungan seks diluar masa menstruasi. Saat menstruasi, kondisi leher rahim akan terbuka sehingga memungkinkan darah untuk masuk ke dalamnya. Hal ini memudahkan bakteri untuk menuju rongga panggul.
  • Lebih mungkin untuk menularkan penyakit HIVdan hepatitis ke pasangan, karena lebih banyak cairan tubuh atau darah yang keluar.
  • Seks saat menstruasi juga memiliki risiko untuk hamil. Walaupun kecil, namun tetap ada kemungkinan bisa hamil ketika berhubungan tanpa pengaman saat menstruasi.

 

Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan hubungan seks saat menstruasi, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jangan melakukannya ketika darah haid sedang mengalir dengan derasnya.
  • Bisa mencoba untuk menggunakan kondom wanita yang dapat membantu mengurangi jumlah darah yang mungkin keluar saat berhubungan.
  • Berhubungan dibawah pancuran air kamar mandi juga bisa menjadi pilihan. Ketika berhubungan intim saat menstruasi pastikan pasangan tidak merasa jijik dengan darah tersebut, agar aktivitas bercinta tidak terganggu.

 

Bagi Anda yang ingin menyalurkan hasrat, namun tidak ingin melakukan hubungan seksual yang melibatkan penetrasi, ada alternatif lain yang bisa dicoba, seperti:

  • Pijatan sensual

Pijatan ini lebih ditujukan untuk menggoda pasangan dan membangkitkan libidonya. Pijat dengan perlahan-lahan bagian-bagian tubuh pasangan yang sensitif.

 

  • Mandi bersama bisa menjadi pilihan

Sensasi yang diberikan saat mandi bersama pasangan akan mampu memelihara dan membangkitkan gairah seks yang ada. Mandi bersama dapat memberikan sentuhan-sentuhan lembut kepada pasangan untuk merekatkan keintiman dan menjadi pilihan ketika tengah menstruasi.

 

Seks merupakan hal penting dalam urusan rumah tangga. Namun, jangan menjadikannya sebagai beban. Jika Anda merasa tidak nyaman melakukan seks saat menstruasi, katakanlah kepada pasangan. Membina hubungan suami istri tidak melulu berkaitan dengan urusan ranjang. Banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan pasangan untuk menciptakan suasana romantis. (REG)

 

Referensi:

  1. Kraft A. Is it safe to have sex during your period. Everyday health. 2016
  2. Macmillan A. 6 things you should know about having sex during your period. Health. 2015

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store