Fakta Menarik Seputar Amnesia (Hilang Ingatan)

133

Tahukah Anda bahwa menderita amnesia bukan berarti Anda tidak dapat mengingat siapa diri Anda seperti yang banyak terjadi pada film yang Anda tonton di televisi? Hal ini justru sangat jarang terjadi. Yang lebih sering terjadi adalah penderita amnesia kehilangan ingatan akan sesuatu atau mengalami kesulitan saat harus mempelajari suatu informasi baru. Amnesia dapat berlangsung secara permanen, walaupun tidak selalu.

Apa Penyebabnya?

Amnesia dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti stroke, peradangan otak, penyalahgunaan alkohol, tumor otak, kejang, dan suatu peristiwa traumatis. Salah satu penyebab tersering dari terjadinya amnesia adalah trauma kepala, yang seringkali menyebabkan penderita merasa kebingungan akan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya dan adanya gangguan daya ingat. Akan tetapi, cedera kepala jarang menyebabkan terjadinya amnesia berat.

Amnesia juga dapat disebabkan oleh gangguan neurologis atau psikologis. Amnesia akibat gangguan neurologis terjadi akibat adanya kerusakan pada otak akibat stroke atau cedera kepala. Amnesia akibat gangguan psikologis terjadi akibat adanya trauma psikologis.

Jenis dan Gejala Amnesia

Secara umum, terdapat dua kategori utama dari amnesia, yaitu amnesia anterograd yang menyebabkan penderitanya tidak mampu atau sulit mempelajari sesuatu hal baru dan amnesia retrograd yang menyebabkan penderitanya tidak mampu atau sulit mengingat sesuatu hal yang pernah dipelajari sebelumnya. Selain itu, amnesia juga dapat membuat penderita mengalami kebingungan, gangguan koordinasi pergerakkan, dan ketidakmampuan untuk mengenali wajah-wajah orang yang dikenalnya.

Jenis Amnesia Lainnya

Selain dua jenis amnesia di atas, masih terdapat banyak jenis amnesia lainnya. Amnesia histerikal merupakan jenis amnesia yang sangat jarang, yang biasanya banyak ditemukan di dalam film. Amnesia jenis ini membuat penderitanya melupakan masa lalunya dan siapa diri mereka sendiri.

Amnesia global transien merupakan jenis amnesia lainnya yang juga jarang terjadi. Amnesia ini biasanya terjadi akibat adanya penyakit pembuluh darah, yang menyebabkan terjadinya hilangnya ingatan untuk sementara waktu.

Jenis amnesia lainnya adalah psikosis Wernicke-Korsakoff yang disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol dalam waktu lama dan progresif.

Pengobatan

Penderita amnesia biasanya diobati dengan terapi okupasi di mana mereka diajarkan untuk kembali mempelajari berbagai hal atau informasi yang telah mereka lupakan.

Sumber: allwomenstalk