Fakta Menarik Seputar Pankreas yang Mungkin Belum Anda Ketahui

126

Pankreas merupakan suatu organ yang terletak di dalam perut Anda, yaitu di dekat lambung Anda, pada bagian awal dari usus halus Anda. Pankreas berfungsi untuk menghasilkan beberapa jenis enzim yang diperlukan oleh tubuh untuk mencerna protein dan lemak di dalam makanan Anda. Enzim-enzim ini keluar dari dalam pankreas melalui suatu saluran dan masuk ke dalam usus Anda.

Selain enzim pencernaan, pankreas juga menghasilkan berbagai jenis hormon seperti insulin yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah bila meningkat dan glukagon yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah saat Anda membutuhkan energi.

Apakah Lemak Dapat Mengganggu Kerja Pankreas?
Jika Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, maka Anda dapat menderita batu empedu. Bila salah satu batu empedu ini masuk ke dalam saluran pankreas dan tersangkut di sana, maka hal ini dapat mengganggu pengeluaran berbagai jenis enzim pencernaan dari dalam pankreas. Hal ini dapat menyebabkan peradangan berat dari pankreas, yang disebut dengan pankreatitis.

Apakah Kopi Dapat Menstimulasi Pankreas?
Walaupun kopi hitam tidak mengandung karbohidrat, akan tetapi kopi tetap mungkin dapat meningkatkan kadar gula darah Anda jika Anda menderita diabetes tipe 2 atau beresiko menderita diabetes tipe 2. Pada keadaan tertentu, hal ini dapat menstimulasi pankreas Anda untuk menghasilkan lebih banyak hormon insulin.

Para peneliti menemukan bahwa para penderita diabetes tipe 2 yang sering mengkonsumsi kopi mengalami peningkatan gula darah sebanyak 8% setelah mengkonsumsi suplemen kafein yang setara dengan 2 gelas kopi.

Sebuah penelitian lainnya menemukan bahwa orang-orang yang tidak menderita diabetes dan sering mengkonsumsi kopi menjadi lebih sensitif terhadap insulin, sehingga pankreas pun dapat memproduksi lebih sedikit insulin. Berdasarkan hasil penelitian ini, para peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat membantu mencegah terjadinya diabetes bila Anda belum menderita diabetes.

Apakah Mengkonsumsi Air Putih Dapat Menstimulasi Pelepasan Insulin Dari Pankreas?
Secara umum, mengkonsumsi banyak air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan berbagai jenis zat racun dan berbagai zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh. Tidak seperti berbagai jenis minuman lainnya, air putih sama sekali tidak mempengaruhi pengeluaran insulin dari dalam pankreas.

Sumber: healthyeating.sfgate