Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tulang Anak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

130

Tulang adalah organ dengan struktur keras dan kaku yang membentuk kerangka manusia. Selama mengalami masa pertumbuhan terutama pada anak-anak, tulang pun ikut bertumbuh. Selain itu, pada masa anak-anak, tulang menyerap dan menyimpan materi yang akan berlangsung seumur hidup. Untuk itu, memastikan tulang anak mengembangkan massa tulang yang sehat, akan bermanfaat bagi mereka sepanjang hidup mereka.

Nah, dalam memastikan perkembangan tulang anak, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Faktor apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut!

Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Tulang

Pertumbuhan tulang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Ada beberapa yang tidak dapat Anda ubah, seperti jenis kelamin, dan ras. Namun ada beberapa yang dapat Anda ubah seperti nutrisi dan aktivitas fisik.

  1. Sifat yang diwariskan

Jenis kelamin, ras, dan genetik anak menentukan kepadatan tulang puncaknya.

A. Jenis kelamin

Massa atau kepadatan tulang pada umumnya lebih tinggi pada pria dibandingkan pada wanita. Sebelum pubertas, anak laki-laki dan perempuan mengembangkan massa tulang pada tingkat yang sama. Setelah pubertas, anak laki-laki cenderung mendapatkan massa tulang yang lebih besar daripada anak perempuan.

B. Ras

Hal ini masih belum dipahami dengan baik, dimana gadis-gadis Afrika Amerika cenderung mencapai massa tulang puncak lebih tinggi daripada gadis Kaukasia. Selain itu wanita Afrika Amerika memiliki risiko rendah untuk mengalami tulang keropos di kemudian hari. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami perbedaan kepadatan tulang antara berbagai kelompok ras dan etnis. Namun, karena semua wanita, tanpa memandang ras, berada pada risiko yang signifikan untuk mengalami tulang keropos.

C. Herediter (genetik)

Tinggi badan anak secara umum bergantung pada orang tua, anak-anak dari orang tua yang tinggi biasanya mempunyai badan yang tinggi juga.

  1. Faktor hormonal

Hormon seksual, termasuk estrogen dan testosteron, sangat penting untuk perkembangan massa tulang. Wanita yang mulai menstruasi pada usia dini biasanya memiliki kepadatan tulang yang lebih besar. Mereka yang sering melewatkan periode menstruasi terkadang memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah.

  1. Status gizi

Kalsium adalah nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Diet yang seimbang termasuk jumlah vitamin dan mineral yang mencukupi seperti magnesium, seng, dan vitamin D juga penting.

  1. Aktivitas fisik

Bermain aktif dan berolahraga secara langsung berkontribusi pada pengembangan kepadatan tulang puncak pada anak-anak. Baik itu berlari, senam, atau bola basket, aktivitas mendukung pengembangan tulang.

Aktivitas fisik ini penting untuk membangun tulang yang sehat, dan memberikan manfaat yang paling menonjol di area kerangka yang paling berat. Area-area ini termasuk pinggul selama berjalan, berlari dan lengan selama senam juga angkat berat.

  1. Kondisi medis

Dokter dan dokter spesialis tulang untuk anak-anak tahu bahwa beberapa gangguan dan penyakit dan berdampak negatif terhadap perkembangan tulang pada anak-anak. Hipertiroidisme, beberapa jenis kanker, penyakit hati dan gangguan lainnya dapat mencegah perkembangan massa tulang.

  1. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat dapat mempengaruhi massa tulang seorang anak. Terapi hormon tiroid, glukokortikoid, dan beberapa obat kanker semuanya dapat memiliki efek perkembangan massa tulang pada anak-anak.

Nah, dengan mengenal dan mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang anak ini, diharapkan orang tua dapat mengatur pola keseimbangan gizi dan gaya hidup sehat dari anak-anak, dimana hal ini penting untuk mencegah terjadinya penghambatan pertumbuhan tulang anak, tulang keropos, dan juga patah tukang di kemudian hari. (LM)

Referensi

Texas, D. (2018). 5 Factors That Can Affect Your Child’s Bone Mass. Retrieved from https://dellchildrens.net/services-and-programs/specialty-care-center/or thopedics-program/latest-news/5-factors-can-affect-childs-bone-mass/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store