Fungsi Kelenjar Getah Bening

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

158

Mungkin Anda sudah pernah mendengar atau mengenal istilah KGB. Ya, KGB adalah singkatan dari Kelenjar Getah Bening yang merupakan kelenjar kecil, bagian dari komponen sistem kekebalan tubuh. Biasanya ketika terjadi infeksi, kelenjar getah bening ini akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya.

Nah namun sebelum terlalu jauh, sebenarnya apa sih kelenjar getah bening itu? Apa fungsinya? Apa dan bagaimana kelenjar tersebut dapat membengkak? Penjelasan lengkapnya ada pada artikel di bawah:

Apa itu Kelenjar Getah Bening?

Kelenjar ini berupa struktur jaringan kecil yang bentuknya menyerupai kacang, Ukuran kelenjar getah bening berbeda-beda, mulai dari sekecil ujung jarum hingga sebesar satu butir kacang merah.

Kelenjar getah bening sebagai komponen sistem kekebalan tubuh menyimpan sel darah putih yang bertanggung jawab melawan infeksi, baik disebabkan oleh bakteri, virus, dan sel yang tidak normal atau berpenyakit.

Letak Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening terletak di seluruh tubuh. Mereka dapat ditemukan di bawah kulit di banyak area termasuk:

  1. Ketiak
  2. Bawah rahang
  3. Kedua sisi leher
  4. Kedua sisi selangkangan
  5. Atas tulang leher

Kenapa Kelenjar Getah Bening Membengkak? Apa Penyebabnya?

Kelenjar getah bening dapat membengkak, karena responnya terhadap penyakit, infeksi atau stres. Pembengkakan KGB merupakan tanda bahwa sistem limfatik sedang bekerja untuk melawan bakteri, virus, ataupun sel yang tidak normal yang menyerang tubuh Anda.

Pembengkakan kelenjar getah bening di kepala dan leher biasanya disebabkan oleh penyakit seperti:

  1. Infeksi telinga
  2. Pilek atau flu
  3. Infeksi sinus
  4. Infeksi hiv
  5. Gigi yang terinfeksi
  6. Infeksi kulit
  7. Radang tenggorokan

Kondisi yang lebih serius, seperti gangguan sistem kekebalan atau kanker, dapat menyebabkan kelenjar getah bening di seluruh tubuh membengkak. Selain infeksi, penyakit lain, beberapa obat, dan reaksi alergi terhadap obat dapat menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Obat antikejang dan antimalaria juga bisa menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Infeksi menular seksual, seperti sifilis atau kencing nanah, dapat menyebabkan kelenjar getah bening di daerah selangkangan membengkak.

Pembengkakan kelenjar getah bening ini seringkali diabaikan karena kelenjar getah bening sangat kecil dan terletak di bawah kulit, sehingga pembesaran pun tidak seberapa nampak. Namun terkadang, dengan pembengkakan yang kecil saja, kulit sekitar kelenjar dapat berubah menjadi kemerahan dan terasa nyeri saat diraba. Jika Anda mengalami pembengkakan pada area-area yang telah disebutkan tadi, sebaiknya periksa ke dokter. (LM)

Referensi

  1. Elaine K. Luo, M. (2018). Lymphatic system: Definition, anatomy, function, and diseases. Retrieved from https://medicalnewstoday.com/articles/303087 .php
  2. Swollen lymph nodes – Symptoms and causes. (2018). Retrieved from https://www. mayoclinic.org/diseases-conditions/swollen-lymph-nodes/symptoms-causes/ syc-20353902

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store