Gangguan Jantung dan Hubungannya Dengan Antioksidan

209

Anda dapat menemukan antioksidan di dalam berbagai jenis makanan seperti buah, sayuran, gandum, dan kacang-kacangan. Selain mengandung antioksidan, berbagai jenis makanan ini juga mengandung serat.
Perlu diingat bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin atau mineral tidak dapat menggantikan diet bernutrisi yang tidak mengandung banyak kalori, lemak jenuh, lemak trans, natrium, dan kolesterol.
Di tahun 2014, para ahli mengatakan bahwa masih dibutuhkan bukti lebih lanjut mengenai apakah benar konsumsi suplemen multivitamin atau mineral dapat membantu menurunkan resiko terjadinya berbagai gangguan jantung atau kanker.
Para peneliti menemukan bahwa suplemen vitamin E dan beta karoten ternyata tidak memiliki manfaat apapun terhadap kesehatan jantung. Beberapa penelitian justru menemukan bahwa orang yang merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan dan mengkonsumsi suplemen beta karoten justru memiliki resiko penyakit jantung yang lebih tinggi.
Para peneliti menyimpulkan bahwa suplemen beta karoten atau vitamin E tampaknya tidak dapat membantu mencegah terjadinya gangguan jantung atau pun kanker. Akan tetapi, hal ini bukan berarti Anda tidak perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin E atau beta karoten.
Mengkonsumsi banyak buah, sayuran, gandum, susu rendah lemak, seafood, dan berbagai makanan rendah lemak lainnya telah terbukti memiliki hubungan dengan penurunan resiko terjadinya gangguan jantung atau kanker.

Sumber: webmd