Gangguan Pertumbuhan Bulu Mata (Entropion & Ektropion)

204

Apa itu gangguan pertumbuhan bulu mata?

Gangguan pertumbuhan bulu mata ada dua macam yaitu enteropion dan eksteropion.

  • Entropion adalah suatu keadaan dimana kelopak mata membalik ke arah dalam mata, sehingga menyebabkan bulu mata menggesek bola mata.
  • Ektropion adalah suatu keadaan dimana kelopak mata membali ke arah luar sehingga tepinya tidak menyentuh bola mata.

Apa penyebab dari entropion dan ekstropion?

Normalnya, kelopak mata atas dan kelopak mata bawah menutup dengan rapat, sehingga dapat melindungi mata dari kerusakan dan mencegah terjadinya penguapan air mata. Jika tepi dari salah satu kelopak mata membalik ke dalam (entropion), maka bulu mata menjadi bergesekan dengan bola mata. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya luka (ulkus) pada bola mata dan jaringan parut pada kornea. Jika tepi salah satu kelopak mata membalik ke luar (ektropion), maka kedua kelopak mata tidak dapat bertemu dengan pas, dan air mata tidak dapat meliputi seluruh bola mata. Keadaan ini lebih sering terjadi pada orang usia lanjut (umumnya karena jaringan semakin mengendur seiring dengan usia), selain itu juga dapat terjadi pada orang-orang dengan perubahan mata yang disebabkan oleh infeksi, pembedahan, cedera, atau blepharospasme.

Beberapa kasus terjadi karena pembentukan jaringan parut pada permukaan dalam kelopak mata akibat luka bakar kimia dan panas, peradangan atau reaksi alergi. Kadang entropion merupakan bawaan lahir karena kelopak mata tidak terbentuk secara sempurna.

Apa gejala dari entropion dan ekstropion?

Entropion adalah suatu keadaan dimana kelopak dan bulu mata bagian bawah membalik ke dalam ke arah bola mata. Ektropion adalah suatu keadaan dimana kelopak dan bulu mata bagian bawah membalik ke arah luar. Baik entropion maupun ektropion dapat mengiritasi mata, menyebabkan rasa seperti ada benda asing pada mata, mata menjadi berair dan merah.

Apa pengobatan untuk entropion dan ekstropion?

Tetes mata buatan dan salep lubrikan mata (untuk digunakan pada malam hari) dapat digunakan untuk menjaga mata tetap lembab dan meredakan iritasi. Entropion dan ektropion dapat diatasi dengan pembedahan, misalnya untuk mempertahankan penglihatan jika terjadi kerusakan pada mata (misalnya ulkus kornea pada entropion), untuk kenyamanan, atau untuk alasan kosmetik.

Entropion dan ektropion harus diperbaiki melalui pembedahan sebelum gesekan kelopak dan bulu mata menyebabkan kerusakan kornea. Pembedahan biasanya dilakukan dengan bius lokal dan penderita tidak perlu dirawat. Dilakukan pengencangan kelopak mata. Setelah pembedahan, mata ditutup selama 24 jam dan diberi salep antibiotik selama sekitar 1 minggu.