Garam Dapat Melemahkan Tulang Anda

117

 

Garam merupakan hambatan besar pada pembentukan tulang kuat. Para peneliti menemukan bahwa wanita paska menopause yang mengkonsumsi diet tinggi garam mengalami kehilangan mineral tulang yang lebih banyak daripada wanita lain yang seusia.

Banyak penelitian telah menemukan bahwa garam dapur biasa dapat menyebabkan tulang kehilangan kalsium sehingga membuat tulang menjadi lemah bila berlangsung dalam waktu lama.

Batas konsumsi garam harian yang direkomendasikan adalah 2.300 mg natrium setiap harinya, yang sama dengan satu sendok teh garam. Untuk setiap 2.300 mg natrium atau garam yang anda konsumsi, maka sekitar 40 mg kalsium dikeluarkan melalui air kemih.

Mengurangi konsumsi garam dapat membantu mencegah penipisan tulang. Hindarilah mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang telah diproses. Beberapa jenis makanan tinggi garam yang sebaiknya anda hindari atau batasi konsumsinya adalah:
•    Daging olahan seperti ham, sosis, atau daging asap
•    Makanan siap saji seperti pizza, burger, taco, dan kentang goreng
•    Makanan olahan seperti makanan beku
•    Makanan kalengan dan jus buah
•    Makanan yang dipanggang seperti roti dan sereal

Mengkonsumsi kalsium dan vitamin D yang cukup setiap harinya dapat membantu mencegah penipisan tulang akibat garam. Setiap orang dewasa yang berusia 50 tahun dan lebih muda membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium setiap harinya (setara dengan 800 ml susu). Orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun membutuhkan 1.200 mg kalsium setiap harinya (setara dengan 1.2 L susu).

Setiap orang berusia 50 tahun dan kurang membutuhkan 200 IU vitamin D setiap harinya. Orang dewasa yang berusia 51-70 tahun membutuhkan 400 IU vitamin D setiap harinya. Orang dewasa yang berusia lebih dari 70 tahun membutuhkan 600 IU vitamin D setiap harinya. Berbagai makanan sumber vitamin D adalah susu, kuning telur, ikan laut, hati, dan suplemen.

Periksa label pada kemasan makanan anda untuk melihat kadar natrium di dalamnya. Pilihlah makanan dengan kadar natrium yang lebih rendah karena lebih baik bagi tulang anda. Jika anda tidak dapat menurunkan konsumsi garam anda, maka konsumsilah makanan kaya kalium seperti pisang, tomat, dan jus jeruk karena kalium dapat membantu menurunkan pengeluaran kalsium.

Untuk membantu menjaga kekuatan tulang anda, konsumsilah makanan rendah garam dan konsumsilah makanan segar (hindari makanan beku, makanan siap saji, atau makanan olahan) seperti gandum, buah, dan sayuran segar. Konsumsilah kalsium dan vitamin D sesuai kebutuhan anda, baik melalui makanan maupun suplemen bila diperlukan.

Sumber: webmd