Gigi Bungsu Atau Molar 3

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

140

Mulut akan mengalami banyak perubahan seiring dengan tumbuhnya salah satu gigi utama yang terjadi saat Anda berusi 17 dan 21 tahun yaitu gigi molar ketiga.  Menurut sejarah, gigi molar ketiga ini disebut gigi bungsu.

Gigi bungsu ini jika tumbuh dengan benar dan sehat maka dapat membantu untuk mengunyah makanan. Tumbuhnya gigi bungsu ini sedikit akan membuat kamu tidak nyaman, dan ini merupakan hal yang normal. Namun jika membuat sakit, maka kamu perlu untuk mengunjungi dokter. Nah, berikut penjelasan lengkap mengenai gigi bungsu:

Apa itu gigi bungsu?

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga dan terakhir yang kebanyakan orang mendapatkannya di akhir usia belasan atau awal dua puluhan. Kadang-kadang gigi ini dapat menjadi aset berharga bagi mulut ketika sehat dan selaras, tetapi lebih sering, gigi tersebut tidak sejajar dan perlu untuk disingkirkan.

Ketika gigi bungsu tidak sejajar, maka posisi gigi bungsu yang terjadi yaitu horizontal, miring ke arah atau menjauh dari molar kedua, atau miring ke dalam atau ke luar. Penyelarasan yang buruk dari gigi bungsu dapat merusak atau merusak gigi yang berdekatan, tulang rahang, atau saraf.

Proses munculnya gigi bungsu memungkinkan pembukaan pada gusi yang menyebabkan bakteri memasuki gigi dan menyebabkan infeksi. Hal ini menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, kekakuan rahang, dan demam. Proses munculnya gigi juga lebih rentan terhadap kerusakan gigi dan gusi, karena lokasi mereka yang sulit dijangkau dan posisi yang tidak rata membuat menyikat gigi dan flossing menjadi sulit.

Ruang tumbuh gigi bungsu?

Gigi bungsu dapat menimbulkan masalah jika tidak ada cukup ruang bagi mereka untuk muncul ke permukaan atau muncul pada posisi yang salah. Saat gigi bungsu menembus gusi, maka dokter gigi akan memantau mulut untuk tanda-tanda berikut:

  1. Gigi bungsu yang tidak dalam posisi yang tepat dapat memungkinkan makanan terperangkap. Itu memberi bakteri penyebab rongga tempat tumbuh.
  2. Gigi bungsu yang belum masuk dengan benar, yang dapat menyulitkan floss antara gigi bungsu dan molar di sebelahnya.
  3. Gigi bungsu yang sebagian masuk dapat memberi bakteri tempat untuk masuk ke gusi dan menciptakan tempat untuk infeksi terjadi. Ini juga dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kekakuan di rahang
  4. Gigi bungsu yang tidak memiliki ruang untuk masuk dipikirkan oleh beberapa orang untuk mengerumuni atau merusak gigi tetangga.
  5. Gigi bungsu yang terkena dampak dapat membentuk kista pada atau di dekat gigi yang terkena dampak. Ini bisa merusak akar gigi di dekatnya atau menghancurkan tulang yang menyangga gigi.

Mengapa gigi bungsu harus disingkirkan?

Gigi bungsu mungkin perlu dihapus/disingkirkan ketika ada bukti perubahan pada mulut seperti:

  1. Adanya rasa sakit
  2. Infeksi
  3. Kista
  4. Tumor
  5. Kerusakan gigi tetangga
  6. Penyakit gusi
  7. Kerusakan gigi (jika tidak mungkin atau tidak diinginkan untuk mengembalikan gigi)
  8. Dokter gigi dapat merekomendasikan pencabutan gigi bungsu sebagai bagian dari perawatan untuk kawat gigi atau perawatan gigi lainnya.

Sebelum membuat keputusan, biasanya dokter gigi akan memeriksa mulut Anda dan bersama-sama dengan dokter gigi berdiskusi untuk perawatan  yang terbaik.

Menjaga Gigi Bungsu

Gigi bungsu yang tidak diangkat harus terus dipantau karena potensi masalah yang berkembang di kemudian hari masih ada. Seiring bertambahnya usia, gigi bungsu berisiko lebih besar untuk masalah kesehatan. Pastikan untuk, melakukan floss di sekitar gigi bungsu dan kunjungi dokter gigi secara teratur. Kunjungan gigi secara teratur memungkinkan dokter gigi untuk mengevaluasi gigi bungsu dan kesehatan gigi Anda secara keseluruhan. (LM)

Referensi

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., & Conditions, S. et al. (2018). All About Wisdom Teeth. Retrieved from https://webmd.com/oral-health/wisdom-teeth#1

Wisdom Teeth – American Dental Association. (2018). Retrieved from https://www. mouthhealthy.org/en/az-topics/w/wisdom-teeth


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store