Gula Juga Bisa Membuat Anda Kecanduan Lho, Berikut Tandanya…

229

Apakah Anda merupakan pecinta makanan dan minuman manis? Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi makanan manis tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan Anda, tetapi juga dapat membuat Anda terus menginginkannya karena telah terjadi perubahan pada otak Anda? Benar sekali, gula juga dapat membuat seseorang mengalami kecanduan seperti halnya morfin!

Bila Anda ingin memastikan apakah Anda telah mengalami kecanduan gula atau belum, di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gejala awal dari kecanduan gula yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan.

 

Tidak Dapat Berhenti Mengemil

Tidak dapat berhenti makan di sepanjang hari tidak berarti Anda benar-benar lapar. Hal ini justru dapat merupakan salah satu tanda awal bahwa Anda telah mengalami kecanduan gula.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti roti, mie, keripik kentang, permen, minuman bersoda, buah, dan jus buah dapat menyebabkan terjadinya peningkatkan kadar gula darah dengan cepat, yang juga akan diikuti dengan penurunan kadar gula darah dengan cepat.

Dan karena tubuh manusia mengartikan penurunan kadar gula darah dengan cepat ini sebagai tanda bahaya, maka responnya adalah tubuh Anda akan membuat Anda kembali ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat atau gula. Dengan demikian siklus mematikan ini pun kembali berulang.

 

Kecanduan Kopi

Kopi sendiri sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan, akan tetapi zat yang Anda tambahkan ke dalam kopi Andalah yang berbahaya. Gula, krim, susu, dan pemanis buatan yang Anda masukkan ke dalam kopi Anda dapat mengandung banyak karbohidrat yang akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

 

Sering Mengkonsumsi Banyak Buah

Makan buah memang sehat, akan tetapi mengkonsumsi buah secara berlebihan ternyata juga dapat merupakan gejala dari kecanduan gula lho. Hal ini dikarenakan buah juga mengandung gula, terutama jus buah. Jus buah memiliki indeks glikemik yang tinggi dan seringkali menyebabkan seseorang semakin ingin mengkonsumsi makanan manis.

 

 

 

Selalu Merasa Lelah

Merasa lelah setelah melalui hari yang panjang dan melelahkan merupakan hal yang normal. Akan tetapi, merasa lelah saat Anda baru saja bangun tidur dan sulit bangun untuk bekerja bukanlah hal yang normal.

Jadi, bila Anda mengalami lelah yang berlebihan atau sulit berkonsentrasi bila Anda tidak mengkonsumsi makanan atau minuman manis setiap harinya, maka Anda mungkin telah mengalami kecanduan gula.

 

Memiliki Berat Badan Berlebih

Saat Anda mengkonsumsi gula setiap hari, maka hampir mustahil untuk mempertahankan berat badan Anda dalam batas sehat. Jadi, memiliki berat badan berlebih dan menderita obesitas juga dapat merupakan indikator utama bahwa Anda mengalami ketergantungan yang tidak sehat terhadap gula.

 

Selalu Butuh Makanan Penutup

Keinginan untuk mengkonsumsi hidangan penutup setelah makan merupakan hal yang sering terjadi. Akan tetapi, bila Anda telah mencapai suatu titik di mana Anda tidak dapat tidak mengkonsumsi makanan manis setelah makan dapat merupakan pertanda bahwa Anda telah mengalami kecanduan gula.

 

Tidak Bisa Berhenti Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Manis

Walaupun tidak tampak terlalu jelas, gejala klasik dari kecanduan gula adalah tidak dapat mengendalikan keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Anda seperti tidak berdaya melawan keinginan Anda untuk mengkonsumsi banyak gula. Hal ini biasanya akan bertambah parah saat Anda bertekad untuk mengurangi jumlah gula yang Anda konsumsi. Anda bahkan dapat mengalami kecanduan saat Anda mencoba untuk berhenti mengkonsumsi gula.

 

.

 

Sumber: sheknows