Gula Sebabkan Nyeri Kepala?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

256

The National Institute for Neurological Disorders and Stroke melaporkan bahwa 50% penyebab nyeri kepala migren ditimbulkan oleh makanan dan pola diet. Institut tersebut melaporkan bahwa penyebab dari nyeri kepala sering kompleks, tetapi konsumsi gula merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya nyer kepala, tetapi gula juga merupakan faktor penyebab yang mudah untuk dikendalikan.

Aktivitas pembuluh darah arteri

Nyeri yang dirasakan di kepala merupakan hasil dari penurunan suplai oksigen yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah arteri di otak. Penyempitan ini sering disebabkan oleh perubahan kadar gula darah yang tiba-tiba. Gula darah merupakan jenis makanan yang diperlukan sel otak dan diantar oleh peredaran darah. Pada kondisi yang normal, peredaran gula darah dipertahankan konstan oleh insulin yang dihasilkan oleh pankreas, tetapi ketika sistem ini tidak bekerja dengan baik maka pembuluh darah akan mengecil dan memaksa aliran darah mengalir lebih deras. Nyeri kepala merupakan tanda bahwa terjadi gangguan ini.

Gula

Gula merupaka bentuk sederhana dari karbohidrat yang dengan mudah diubah menjadi bentuk gula darah oleh tubuh. Gula halus, fruktosa didalam buah, laktosa didalam susu dan sirup jagung yang Anda siram diatas pancake semua merupakan jenis glukosa sederhana. Kompleks karbohidrat seperti gandum utuh, tepung-tepungan, oatmeal dan nasi begitu juga berbagai jenis sayur-sayuran memerlukan waktu lebih lama untuk diubah menjadi glukosa dan gula darah secara bertahap.

Hipoglikemia

Sel yang mengalami kekurangan glukosa sehingga tidak dapat memproses makanan dan oksigen disebut hipoglikemia. The National Headache Foundation (NHF) mengatakan bahwa penderita migrain sering mengalami keinginan untuk makan makanan berkarbohidrat tinggi sebelum mengalami serangan migrain. Hal ini merupakan tanda terjadinya penurunan kadar gula darah atau hipoglikemua.

Tanda dan konsekuensi

Walaupun gula tidak menyebabkan nyeri kepala secara langsung, tetapi konsumsi gula yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan nyeri kepala juga. Untuk menghindari hal ini terjadi maka sangat penting untuk mengontrol sebanyak apa karbohidrat dan gula yang kita konsumsi. Dengan mengontrol asupan karbohidrat, selain mencegah munculnya migrain, kita juga bisa mencegah munculnya penyakit lain seperti stroke dan diabetes.

 —–

Tanya keluh sehatmu lewat aplikasi, install Pakdok sekarang click Andoid Google Play dan IOS App Store