Hadapi Media Sosial Pada Anak Dan Remaja Dengan Ini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

111

Seiring dengan semakin meningkatnya akses internet, tidak terkecuali pada anak dan remaja. Media sosial merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan, yang seharusnya berada dalam pengawasan orang tua. Keuntungan yang diperoleh dari media sosial sebagai sarana komunikasi dengan teman dan keluarga, meningkatkan kreativitas dengan berbagi ide atau seni lain dan berhubungan dengan orang lain dengan minat yang sama, serta kesempatan untuk berpartisipasi pada kegiatan amal. Hanya saja, perlu dipertimbangkan kemungkinan kerugian memanfaatkan media sosial untuk berbagi hal negatif, melihat tayangan iklan yang tidak sesuai usia, melakukan aktivitas yang tidak jelas, hingga membuka kemungkinan tindakan pelecehan didunia maya.

Memang tidak mudah untuk memantau anak dan remaja saat mengakses media sosial. Apalagi, saat ini media sosial banyak dilakukan melalui ponsel. Kemampuan digital anak dan remaja pun seringkali melampaui para orang tua. Beberapa panduan berikut dapat membantu orang tua agar anak dan remaja tetap aman mengakses media sosial:

  • Terapkan aturan usia yang sesuai

Beberapa media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram memberlakukan aturan usia minimal 13 tahun untuk membuat akun. Berikan pengertian pada anak bahwa hal itu dilakukan untuk mencegah hal-hal negatif untuk keselamatan mereka.

  • Tegaskan risiko berbicara dengan orang asing

Seringkali tidak disadari adalah interaksi didunia online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan didunia nyata. Berinteraksi dengan orang asing disarankan untuk dilakukan secara hati-hati.

  • Perhatikan aktivitas anak di media sosial

Minta anak memperlihatkan aktivitas yang dilakukannya di media sosial. Ketika tampak kalimat, gambar atau video yang tidak baik, berikan saran untuk mereka segera melaporkan hal tersebut pada pihak media sosial dan Anda selaku orang tua.

  • Batasi waktu mengakses ponsel dan penempatan komputer

Tidak hanya televisi atau games yang seharusnya dibatasi, demikian juga waktu mengakses internet melalui ponsel. Berikan aturan penggunaan beberapa jam yang disepakati, misalnya 1-2 jam setelah selesai menyelesaikan tugas sekolah.

  • Perhatikan fitur pengaturan keamanan dan gunakan program pengawasan khusus

Tiap media sosial memiliki fitur pengaturan keamanan yang dapat disesuaikan. Hal ini dapat melindungi pengguna dari hal-hal negatif, serta melindungi perangkat yang digunakan dari virus. Minta anak menghindari tawaran kuis, hadiah atau kontes, yang kemungkinan hanya sebagai sarana memperoleh informasi personal.

  • Berikan contoh yang baik

Seringkali pada anak dan remaja, menguasai perangkat teknologi jauh lebih cepat dibandingkan orang tuanya. Meski demikian, orang tua sebaiknya tetap mencoba untuk mencari tahu dan mencoba aktivitas yang dilakukan oleh anak.  Jika orang tua tidak asing lagi terhadap media sosial, berikan anak-anak contoh yang baik. Hindari menuliskan atau berbagi sesuatu yang tidak pantas.

Media sosial merupakan bagian dari perkembangan internet yang sulit dibendung. Hindari sikap acuh dari orang tua, lalu tetapkan aturan dan pengawasan agar anak dan remaja tetap aman menggunakan media sosial. (REG)

Sumber:

  1. Kids Health. For Parents. Teaching Kids to Be Smart About Social Media.2018
  2. Stewart R. Social Media: What Parents Must Know. WebMD.2012

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store