Hal Aneh yang Dapat Mengganggu Kesuburan Seorang Pria

197

Jika Anda dan pasangan sedang berusaha untuk memiliki Anak, maka Anda mungkin harus lebih memperhatikan di mana si dia meletakkan telepon genggamnya. Berdasarkan sebuah penelitian baru, pria yang sering meletakkan telepon genggamnya pada kantong celana bagian depan dapat membahayakan kesehatan spermanya.

Para peneliti di Inggris yang meneliti 10 buah penelitian menemukan bahwa radiasi elektromagnetik dari telepon genggam dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati sekitar 1.492 orang pria. Para peneliti ingin memeriksa secara khusus mengenai bagaimana radiasi elektromagnetik ini dapat mempengaruhi jumlah sperma di dalam cairan mani, berapa banyak sperma yang dapat bergerak, dan berapa banyak sperma yang mati.

Para peneliti menanyakan pada setiap peserta penelitian mengenai berapa lama mereka meletakkan telepon genggamnya pada kantong celana bagian depan dan membandingkannya dengan hasil pemeriksaan cairan mani mereka.

Para peneliti kemudian juga meneliti apa dampak paparan radiasi elektromagnetik pada waktu tertentu (sekitar 1 jam) pada cairan mani para peserta penelitian.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa paparan radiasi elektromagnetik dapat menurunkan jumlah sperma yang hidup di dalam cairan mani hingga 9% dan penurunan jumlah sperma hidup yang dapat bergerak hingga 8%.

Akan tetapi, hal ini bukan berarti pasangan Anda tidak boleh meletakkan telepon genggamnya pada kantong celana bagian depannya karena bagi pria sehat dan normal, efek ini seharusnya tidak menyebabkan banyak perbedaan pada kesuburannya.

Selain itu, penelitian ini juga hanya menemukan dampak radiasi elektromagnetik pada sperma yang telah matang. Jadi, karena seorang pria akan terus memproduksi sperma baru, maka seorang pria dapat memiliki sejumlah sperma sehat hanya dalam waktu 4 hari.

Akan tetapi, bila Anda dan pasangan telah mengalami kesulitan dalam memiliki momongan, maka efek radiasi ini dapat sangat mempengaruhi usaha Anda tersebut.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai apa dampak radiasi elektromagnetik pada kesuburan seorang pria dalam jangka waktu lama.

Sumber: womenshealthmag