HAL YANG HARUS DIHINDARI SAAT BATUK

31

Batuk merupakan suatu reaksi tubuh terhadap iritasi tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, maupun asap. Batuk bertujuan untuk mengeluarkan benda asing penyebab terjadinya iritasi yang ada di tenggorokan. Meski merupakan reaksi tubuh yang normal, batu yang terus menerus dapat mengganggu aktivitas dan juga waktu untuk beristirahat. Agar batuk tidak semakin parah, banyak hal yang harus Anda hindari. Untuk meminimalisir tingkat keparahan, berikut ini beberapa pantangan yang harus dihindari, antara lain:

  1. Minuman dan makanan dingin

Umumnya batuk dan pilek dipicu oleh makanan dingin seperti es krim dan minuman dingin lainnya. Minuman dan makanan dingin akan menyebabkan pengeringan pada lapisan pernapasan sehingga rentan terhadap infeksi yang memicu batuk karena iritasi dan peradangan pada bagian tubuh.

  • Makan banyak saat malam hari

Jangan makan berlebihan pada malam hari menjelang tidur saat Anda terserang batuk. Hal tersebut bisa menjadi pemicu batuk untuk orang yang menderita penyakit asam lambung. Lebih baik untuk makan malam di waktu awal dan tidur 2 jam setelah waktu Anda makan.

  • Tidur telentang

Tidur telentang akan memicu batuk di malam hari, terutama jika Anda memiliki batuk produktif. Semua lendir dan dahak yang akan dikumpulkan sepanjang hari, mengalir ke atas menuju tenggorokan ketika tidur telentang. Sebaiknya tidur dengan posisi miring yang akan menjaga dahak menetap dan menghindari serangan batuk di malam hari.

  • Konsumsi makanan yang digoreng

Konsumsi makanan yang digoreng dan berminyak merupakan salah satu pemicu batuk bertambah parah. Ketika menggoreng dalam minyak panas, makanan akan menghasilkan senyawa yang disebut akrolein, yang bertindak sebagai alergen serta memperburuk batuk dan menyebabkan gatal tenggorokan.

  • Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab batuk yang akan berujung pada penyakit bronkitis. Merokok akan mengiritasi lapisan tenggorokan dan bahkan dapat meningkatkan resiko kanker. Begitupun dengan perokok pasif; sebaiknya juga menghindari asap rokok jika tidak ingin batuk semakin parah.

  • Minuman berkafein

Kafein harus dihindari oleh penderita batuk karena keasaman yang dapat memperparah gatal di tenggorokan. Minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan esophageal sphincter menjadi longgar dan hasilnya Anda akan batuk akibat keasaman zat kafein yang naik ke tenggorokan.

  • Kerja keras dan lembur

Lembur, lelah dan aktivitas berlebihan patut dihindari saat batuk. Saat batuk, Anda akan sangat membutuhkan istirahat. Batuk sebagai tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sementara melemah dan sangat dibutuhkan istirahat yang cukup untuk memperbaiki kondisi kesehatan. (RD/STE)

Sumber:

  1. Food To Avoid with a Cough. Available at http://www.livestrong.com/article/518511-foods-to-avoid-with-a-cough/
  2. 8 reasons your cough is not improving. 2015. Available at http://www.webmd.com/cold-and-flu/features/stubborn-cough#1