Hamil Bukan Berarti Tidak Bisa Produktif, Ini 10 Cara Yang Dapat Anda Ikuti Agar Nyaman Kerja Saat Hamil

344

Kehamilan dapat membawa perubahan besar dalam hidup Anda. Terkait dengan rasa sakit dan nyeri, di tempat-tempat yang Anda bahkan tidak tahu, dimana bisa mengganggu keseimbangan kehidupan Anda, terutama untuk Anda yang masih aktif bekerja.

Ada beberapa hal yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Tetapi bukan berarti Anda harus berhenti bekerja. Agar kehamilan Anda terasa lebih nyaman meski harus bekerja dibawah ini akan diberikan tips yang bisa Anda ikuti.

Berikut adalah tips agar tetap nyaman saat bekerja pada masa kehamilan:

1.      Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Dengan bertambahnya usia kehamilan maka ukuran tubuh Anda akan berubah, untuk sementara selama hamil maka Anda tidak bisa menggunakan pakaian kantor Anda yang biasa digunakan. Saat ini Anda harus menggunakan pakaian yang nyaman. Pilih pakaian yang lebih longgar, berbahan katun agar kulit Anda dapat bernapas karena ibu hamil biasanya mudah mengalami kegerahan dan tonjolkan penampilan Anda dengan menggunakan beberapa aksesoris. Cara berpakaian ini membuat Anda merasa nyaman dan juga meningkatkan kepercayaan diri.

2.      Membeli Kipas Angin Meja

Kehamilan meningkatkan suhu tubuh, jadi jangan heran jika Anda cenderung merasa lebih panas. Anda bisa membeli kipas angin meja kecil dan letakkan di meja Anda. Beli satu yang menggunakan  baterai isi ulang atau yang menggunakan listrik

3.      Kalahkan Rasa Kantuk

Hal yang biasa bagi beberapa ibu hamil merasa mengantuk selama masa kehamilan, terutama pada trimester pertama ketika tubuh bekerja keras dalam persiapan untuk sebuah kehidupan baru. Jadi bagaimana Anda mengalahkan rasa kantuk di tempat kerja? Ngobrol dengan seorang rekan kerja, minum beberapa minuman sehat, berjalan-jalan kecil di koridor atau membiarkan diri Anda istirahat. Ingat untuk tidak memanjakan diri dengan kafein konsumsi kafein harus dibatasi 200 mg per hari selama masa kehamilan

4.      Simpan Dulu Sepatu Berhak Tinggi Anda

Pada saat hamil, maka akan terjadi kaki bengkak, sehingga Anda harus menyimpan dahulu sepatu berhak tinggi Anda. Selain itu cara ini akan membantu Anda menghindar dari risiko jatuh. Pilihlah alas kaki yang nyaman, lembut, datar dan berbahan yang memungkinkan kaki Anda bernapas.

5.      Makan Makanan Yang Sehat

Bagilah makanan Anda dalam 5-6 makanan kecil. Pilih makanan yang mengandug karbohidrat. protein dan kalsium untuk makan siang. Kunyah makanan ringan yang sehat yang tidak mempengaruhi sistem pencernaan sehingga Anda membuat Anda tidak nyaman dan mengantuk. Makan makanan kecil sepanjang hari dapat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan, mulas dan sakit yang biasa terjadi pada kehamilan

6.      Tetap terhidrasi

Air benar bisa dikatakan obat mujarab kehidupan, dan sangat penting untuk tetap terhidrasi. Alih-alih meminum minuman rasa, pilih air putih atau infused water untuk menjaga diri terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat membawa masalah serius selama trimester akhir, sehingga menjaga tubuh terhidrasi adalah sebuah keharusan.

7.      Menjaga Tingkat Energi Anda Tinggi

Makan makanan yang sehat akan menjaga tubuh Anda, karena tubuh Anda bekerja lembur, Anda perlu mendukungnya dengan makan makanan yang sehat dan camilan sehat yang penuh dengan vitamin dan protein untuk dipecah dengan mudah dan diubah menjadi energi. Pilih makanan ringan padat gizi dibandingkan makanan manis, donat menggoda, cola dan keripik

8.      Rubah Posisi Kaki

Pada saat hamil, sering kali ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki terutama bila Anda dalam posisi berdiri atau duduk terlalu lama. Bila terlalu lama duduk, maka Anda bisa jalan-jalan sedikit. Kemudian taruh ganjalan kaki di bawah meja Anda.

9.      Bawa Perlengkapan Anda

Anda perlu mengisi lemari Anda dengan beberapa barang persediaan Anda seperti lotion gatal, sepasang sepatu kets, banyak makanan ringan yang sehat, obat kumur, antasida, tisu basah, krim dingin atau apa saja yang membuat Anda merasa lebih baik dan nyaman. Sebuah penyegar mulut bila Anda merasa mulut Anda tidak nyaman, lotion untuk kulit kering dan lain-lain.

10.    Jauhi stres

Stres sebagian besar merupakan bagian dari kehidupan kerja. Namun, stres selalu berbahaya, terutama untuk ibu hamil. Cobalah untuk menjauhkan diri dari stres dengan melakukan meditasi dan yoga atau mendengarkan musik klasik.

Cara diatas dapat dilakukan untuk membantu agar Anda merasa lebih nyaman saat bekerja. Selain cara diatas Anda harus meminta dukungan suami. Anda sudah membantu suami dalam mencari nafkah maka suami harus membantu meringankan pekerjaan Anda dengan menjemput dan membantu mengerjakan tugas rumah tangga.