Hamil Dengan Diabetes, Apa Saja Yang Perlu Diketahui?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

139

Diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh Anda menyimpan terlalu banyak gula (glukosa) dalam darah. Glukosa adalah sumber utama tubuh sebagai bahan bakar atau energi. Jika Anda mengidap diabetes dan sedang hamil atau mencoba hamil, dokter perlu memberi perhatian ekstra untuk Anda. Kehamilan bagi seorang wanita pengidap diabetes amat berisiko. Ini berarti Anda mungkin mengalami komplikasi selama kehamilan, sehingga dokter perlu memonitor Anda dan bayi Anda dengan ekstra.

Hamil sudah menjadi tantangan sendiri bagi para calon ibu. Apalagi jika calon ibu ternyata menderita diabetes, baik itu diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2. Selain harus berhadapan dengan perubahan pada tubuh, ibu hamil dengan diabetes juga harus berhati-hati dalam memantau dan mengontrol kadar gula darah.

Jika Anda mengidap diabetes dan berencana ingin hamil, berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat:

  • Kontrol diabetes Anda sekitar 3 sampai 6 bulan sebelum hamil. Sangat penting bagi mereka yang mengidap diabetes untuk mengontrol kadar gula darah mereka, terutama untuk wanita yang ingin hamil.
  • Minum multivitamin yang mengandung 400 mikrogram asam folat setiap hari. Karena Anda mengidap diabetes, dokter dapat meningkatkan dosis harian asam folat Anda untuk membantu mengurangi risiko lahir cacat.
  • Beri tahu dokter Anda Anda tentang obat-obatan yang Anda minum untuk memastikan obat tersebut aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Dokter Anda mungkin akan mengubah beberapa obat-obatan yang Anda minum jika tidak aman untuk Anda dan bayi Anda.
  • Tetap aktif secara fisik. Jika Anda tidak bisa aktif berolahraga, bicara dengan dokter Anda tentang penambahan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda.
  • Rutin melakukan pemeriksaan kadar gula darah tubuh. Hamil membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi, tingkat gula darah pun bisa berubah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk sering-sering mengecek kadar gula darah.
  • Konsumsi obat atau insulin sesuai anjuran dokter. Jangan lupa untuk siap sedia sumber gula cepat seperti permen manis, jika sewaktu-waktu gula darah turun terlalu cepat.
  • Disarankan untuk menerapkan pola makan sehat. Dokter akan memberikan saran untuk mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi guna mencegah kadar gula darah tinggi atau rendah. Contohnya, sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, daging, produk olahan susu tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, dan makanan yang mengandung asam folat. Tips ibu hamil dengan diabetes yang satu ini sangat penting untuk menjaga stabilitas kadar gula darah.

Ingat, kadar gula yang tidak terkontrol pada ibu hamil dengan diabetes tipe 1 atau 2 dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada ibu dan bayi dalam kandungan, selain itu komplikasi lainnya yang dapat terjadi adalah preeklampsia yang mampu menimbulkan kejang atau stroke pada ibu hamil. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar gula dalam darah selama kehamilan, agar tetap sehat, dan proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. (EDA)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store