Hamil Kembar Senangnya Double Tapi Tantangannya Juga Double, Ini Tantangan Yang Bisa Anda Temui Saat Hamil Bayi Kembar

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok lewat aplikasi

351

Hamil bayi kembar adalah berkat ganda yang selalu disambut dengan kebahagian yang double. Disaat ini Anda sebagai seorang calon ibu sudah membayangkan akan ada 2 makhluk kecil yang akan hadir dalam hidup Anda dan membawa kebahagiaan. Memang benar hamil bayi kembar akan memberikan kebahagiaan double namun bisa dikatakan Anda juga akan mengalami tantangan double.

Saat hamil bayi kembar maka Anda perlu berhati-hati, Anda akan harus melakukan pemeriksaan lebih sering, lebih banyak jumlah tes yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan bayi Anda, memantau kesehatan Anda dan komplikasi lain yang mungkin timbul.

Dalam kondisi ini Anda akan membawa penumpang tambahan di tempat yang sama sehingga Anda perlu berhati-hati mengenai makanan yang Anda makan. Anda akan membutuhkan suplemen tambahan asam folat, vitamin, kalsium, protein dan nutrisi penting lainnya.

Berikut adalah tantangan yang bisa Anda hadapi bila hamil kembar, dimana kehamilan kembar lebih rentan terhadap:

Hipertensi: diharapkan ibu harus tetap memeriksa tekanan darah mereka secara rutin karena kehamilan kembar lebih mungkin menyebabkan preeklamsia.

Sesak napas: saat Anda membawa lebih dari satu bayi, rahim akan meregang lebih besar dan akan mengambil ruang ekstra menekan diafragma Anda yang menyebabkan sesak napas yang lebih buruk. Hal ini akan semakin terasa pada trimester terakhir Anda. Tetap tenang, duduk lurus dapat membantu dalam masalah ini.

Kelelahan: saat hamil, ibu hamil akan mudah merasa lelah dan karena sedang hamil bayi kembar maka kelelahan yang dirasakan akan lebih terasa. Pada saat ini, dengarkan tubuh Anda dan beristirahatlah. Bahkan jika Anda tidak mengantuk, menjaga kaki Anda dan memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat. Jus jeruk atau air jeruk nipis segar juga dapat membantu untuk membunuh kelelahan.

Morning sickness: tantangan berikut yang dirasakan menjadi double adalah morning sickness, Anda bisa merasakan mual muntah yang dirasakan lebih parah dibanding hamil satu janin.

Sakit kepala: sakit kepala yang sering terjadi selama kehamilan adalah karena peningkatan produksi hormon dan bila Anda hamil bayi kembar maka rasa sakit kepala dirasakan lebih sering. Anda bisa mengompres dingin di belakang leher Anda dapat mengurangi sakit kepala.

Kelahiran prematur: ini adalah komplikasi terbesar pada kehamilan kembar atau ganda.. Dalam kasus seperti itu, biasanya dokter akan memberikan steroid untuk mempercepat pengembangan paru-paru bayi yang disuntikkan kepada ibu, sehingga untuk menghindari komplikasi.

Nyeri punggung dan sakit di kaki: Jangan terkejut jika Anda mendapatkan berat badan yang meningkat tajam. Peningkatan berat badan lebih banyak dimana Anda membawa dua bobot ekstra mengarah yang memberikan tekanan pada punggung bawah dan kaki. Untuk membuat Anda lebih rileks mandi dengan air hangat atau merendam kaki Anda dalam air hangat untuk dapat bersantai beberapa waktu. Sebuah pijatan ringan juga dapat membantu untuk menurunkan rasa sakit.

Diabetes Gestational: jenis diabetes ini biasanya terjadi pada saat hamil dan bila Anda hamil bayi kembar maka kemungkinan untuk mengalami diabetes gestasional lebih besar. Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan gula. Anda harus selalu mengawasi kebiasaan makanan Anda. Sebisa mungkin hindari makan makanan junk food.

Cara terbaik untuk membebaskan diri dari semua ketegangan ini adalah dengan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang merawat Anda dan mengikuti apa pun ia katakan.  Mempertahankan diet yang sehat, aktif, dan jangan lupa memanjakan diri. Jadilah positif dan menikmati perasaan dan waktu yang indah ini, Anda cukup membayangkan wajah lucu dari kedua bayi Anda nantinya.

 

Sumber: beingtheparent