Haruskah Berhenti Makan Buah Bila Pengen Kurus???

166

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa salah satu diet yang cukup populer saat ini adalah diet rendah karbohidrat. Selain nasi putih, roti, kentang, dan pasta; ternyata banyak juga ahli gizi yang menganjurkan para pasiennya untuk tidak mengkonsumsi buah lho! Benarkah buah yang mengandung gula alami dapat membuat Anda bertambah gemuk atau bahkan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan???

 

Apa Yang Terjadi di Dalam Tubuh Saat Anda Makan Buah?

Karena buah juga mengandung gula, maka buah juga dapat meningkatkan kadar gula darah. Memang benar bahwa kadar gula darah dapat meningkat dan menurun di sepanjang hari, tergantung pada waktu makan dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Kadar gula darah yang meningkat secara konstan dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan dan berbagai efek samping lainnya yang buruk bagi kesehatan.

Akan tetapi, karena kandungan gula di dalam buah merupakan gula alami dan karena buah juga mengandung banyak vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan berbagai nutrisi lainnya maka mengkonsumsi buah biasanya tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang sama tinggi dengan saat Anda mengkonsumsi permen dan biskuit. Hal ini dikarenakan buah mengandung serat yang dapat mencegah peningkatan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Selain itu, banyak sekali penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah biasanya memiliki berat badan yang lebih rendah dan memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita gangguan jantung, tekanan darah tinggi, kanker, dan berbagai penyakit lainnya.

Lagipula, buah juga mengandung banyak air, yang dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

Jadi, selama Anda tidak mengkonsumsi buah secara berlebihan, misalnya memakan 1 buah semangka sekaligus, maka kadar gula darah Anda tidak akan meningkat tajam dan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap berat badan Anda.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai buah-buahan, di bawah ini ada beberapa trik yang dapat membantu Anda mengkonsumsi buah setiap harinya.

 

Pasangkan

Bila Anda tidak dapat hanya mengkonsumsi buah, maka Anda dapat memasangkannya dengan keju. Keduanya sangat cocok disatukan, baik dalam hal rasa maupun kandungan nutrisi, di mana buah mengandung serat sedangkan keju mengandung protein, yang dapat membuat Anda merasa kenyang.

 

Campurkan

Bila Anda sering mengkonsumsi susu, Anda dapat menambahkan buah beri beku ke dalamnya untuk membuat smoothie. Selain terasa segar dan nikmat, smoothie buatan sendiri ini juga dipenuhi oleh banyak nutrisi, yang cocok dikonsumsi sebagai pengganti makanan setelah berolahraga.

 

Panggang

Karena kandungan gula alami di dalam buah-buahan akan terasa semakin nikmat saat dipanggang, maka jangan ragu untuk memanggang semangka, peach, plum, atau bahkan pisang agar terasa lebih nikmat disantap.

 

Sumber: menshealth