HARUSKAH MELEPAS PEN DARI DALAM TULANG?

14

Ketika Anda mengalami patah tulang, penting bahwa tulang dapat sembuh dengan benar di posisi semula. Untuk perawatan patah tulang ada beberapa yang direkomendasikan oleh dokter berdasarkan pada beberapa faktor, diantaranya derajat keparahan dan lokasi patah tulang tersebut. Mungkin ada patah tulang yang dapat sembuh dengan mengenakan gips, yang lain mungkin memerlukan perawatan yang lebih invasif, seperti operasi patah tulang.

Operasi untuk memperbaiki patah tulang menggunakan implant yang berbahan logan dengan bentuk sekrup, plate atau batang, untuk menahan tulang di tempatnya. Hal ini juga dikenal sebagai bedah ORIF (Open Reduction and Internal Fixation). Logam yang diimplantasikan dapat membantu tulang yang patah sembuh dengan posisi yang benar. Walaupun implan ini tidak membantu tulang lebih cepat sembuh, mereka dapat membantu menahan tulang pada posisi yang tepat saat penyembuhan terjadi.

Dalam kebanyakan kasus, implan dapat tetap berada di tubuh Anda tanpa ada bahaya atau konsekuensi, dan pengangkatannya tidak boleh dianggap sebagai bagian dari perawatan “rutin”. Implan logam biasanya dirancang untuk tetap berada di dalam tubuh selamanya, namun ada beberapa indikasi ketika pengangkatannya dianggap tepat dan bahkan perlu.

Pengangkatan  logam dapat diindikasikan jika ada tanda-tanda iritasi logam, termasuk rasa sakit dan tekanan di tempat penyisipan. Dokter Anda perlu menentukan apakah implan logam yang menyebabkan masalah atau karena penyebab lain.

Pada beberapa penerima implan, komponen logam dapat menyebabkan iritasi pada jaringan di sekitarnya. Ini dapat menyebabkan radang kandung lendir, tendonitis, atau komplikasi lokal. Dalam kasus ini, pengangkatan logam dapat mengurangi iritasi ini. Beberapa tanda logam bermasalah termasuk:

  • Nyeri langsung di lokasi implan logam
  • Terasa gosokan implan logam di bawah kulit
  • Sensasi krepitasi di sekitar implan logam

Ini bisa sangat sulit untuk diprediksi jika pengangkatan implan logam akan meningkatkan gejala ketidaknyamanan. Pada orang yang memiliki rasa sakit yang jelas disebabkan oleh implan, kemungkinan pengurangan rasa sakit relatif tinggi. Jika rasa sakit lebih umum, peluang resolusi lebih sulit untuk diprediksi.

Proses pengangkatan implan sebenarnya rumit. Ini terutama berlaku untuk implan dalam yang telah lama digunakan. Setelah pembedahan pelepasan implant , tulang yang melemah dapat runtuh ke dalam ruang lubang yang dibor, terutama pada tulang kaki atau pinggul yang menahan beban.

Pengangkatan implan tidak boleh dianggap enteng. Seperti halnya operasi tulang lainnya, ada risiko infeksi, cedera saraf, dan reaksi terhadap anestesi. Selain itu, pengangkatan implan dapat melemahkan tulang atau gagal mengurangi rasa sakit.

Konsultasi dengan ahli bedah tulang (ortopedi ) Anda yang berpengalaman karena harus selalu dicari untuk sepenuhnya menentukan manfaat, risiko, dan pendekatan alternatif untuk pengangkatan implan. (LAM)

REFENCES

Removal of orthopaedic implants: indications, outcome and economic implications available at https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4170248/

Internal Fixation for Fractures available at https://orthoinfo.aaos.org/en/treatment/internal-fixation-for-fractures/ Bone Fracture Repair available at https://www.healthline.com/health/bone-fracture-repair