Hidup Jangan Dibawa Susah, Ikuti Cara Ini Agar Bebas Stres

161

Stres, kata-kata ini memang sering diucapkan oleh banyak orang dan juga dialami oleh banyak orang. Pola kehidupan jaman sekarang yang selalu menuntut kesempurnaan tidak luput membuat banyak orang mengalami stres.

Padahal seperti kita ketahui stres memberikan banyak efek negatif pada tubuh seperti kulit mudah berjerawat, gangguan pada kulit, gangguan kesuburan dan beberapa gangguan medis lainnya.

 

Berikut cara mudah untuk mengatasi stres:

1.      Cari tahu penyebab stres dalam hidup Anda

Cara yang paling tepat untuk menyingkirkan stres yang Anda rasakan adalah dengan mengetahui apa sebenarnya yang membuat Anda merasa stres apakah pekerjaan yang terlalu banyak, kondisi hubungan dengan pasangan dan banyak masalah lain yang mungkin membuat Anda tertekan.

Buatlah jurnal sendiri apa saja yang membuat Anda merasa stres, tuliskan penyebabnya dan tuangkan semua masalah yang Anda rasakan dalam jurnal tersebut. Cara ini akan membuat Anda merasa lebih lega dan mampu menghindari apa penyebab stres tersebut.

2.      Latihan nafas dalam.

Orang yang sedang mengalami stres biasanya bernafas dengan cepat saat menghirup dan mengeluarkannya serta memiliki nafas yang dangkal.

Untuk membantu mengatasi stres yang Anda rasakan maka Anda dapat melakukan latihan nafas dalam 10 detik. Caranya duduklah dalam posisi yang nyaman. Tarik nafas selama 10 detik, dan kemudian hembuskan selama 10 detik. Bernafaslah dengan cara ini selama 2 sampai 5 menit.

Lakukan latihan nafas 10 detik setiap kali Anda mengalami stres atau 5 interval yang berbeda sepanjang hari.

3.      Minum suplemen vitamin C

Apabila Anda tidak mampu mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dari makanan, mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu mengatur kadar kortisol dalam darah Anda dan mengatur efek stres pada tubuh Anda.

Usahakan makan lebih banyak blewah, jeruk, cabai merah dan hijau, kiwi, brokoli atau tomat. Satu porsi dari setiap buah tersebut memiliki kandungan vitamin C sebanyak antara 40 sampai 100 mg.

4.      Tidur yang cukup

Tidur yang baik akan mengendalikan stres dan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Selain itu orang-orang yang tidur kurang dari 7 jam per hari bukan hanya meningkatkan kadar kortisol, namun juga ghrelin, menyebabkan bertambahnya lemak di perut. Ghrelin adalah hormon yang membuat Anda menginginkan makanan manis dan berlemak.

5.      Yoga atau meditasi

Apabila latihan nafas dalam cukup membantu, maka yoga dan meditasi merupakan cara terbaik untuk mengendalikan hormon kortisol, ghrelin dan hormon lainnya yang menyebabkan peningkatan berat badan.

Untuk menghilangkan lemak perut dengan cepat, Anda harus mencoba melakukan berbagai jenis yoga sebagai olahraga dan pereda stres. Flow yoga yang juga dikenal dengan nama Vinyasa yoga dapat  meredakan stres sambil membakar lemak. Selain itu bila Anda rutin melakukan meditasi maka Anda dapat tertidur dengan lebih nyenyak.

6.      Ingat stres akan membuat Anda semakin gemuk

Keadaan ini mungkin akan membuat Anda merasa takut untuk merasa stres. Stres menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon stres seperti kortisol. Kortisol mengirim sinyal pada tubuh Anda untuk menyimpan lemak. Stres merupakan sinyal bagi tubuh Anda untuk makan lebih banyak. Selain itu biasanya seseorang yang merasa stres akan mencoba mengalihkan pikiran dengan banyak makan.

Stres tidak hanya membebani pikiran Anda, namun juga dapat merusak kesehatan tubuh Anda. Jadi tunggu apalagi atasi stres dari sekarang.

 

 

Sumber: medicinenet