Hidup Lebih Lama Dengan Mencuci Tangan

232

Mencuci tangan sesering mungkin dapat membantu anda mencegah berbagai penyakit. Mencuci tangan merupakan salah satu cara mencegah infeksi flu dan batuk. Mencuci tangan dengan benar adalah mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun atau dengan menggunakan pembersih tangan yang mengandung alkohol (tidak perlu air dan sabun, misalnya hand sanitizer atau tisu basah).

 

Bagaimana Cara Mencuci Tangan Dengan Benar ?

Cucilah tangan dengan air dan sabun. Di bawah ini terdapat beberapa langkah mudah mencuci tangan yang dapat anda gunakan, yaitu:

  1. Basahilah tangan dengan air yang mengalir, kemudian ambillah sabun
  2. Sabuni seluruh bagian tangan anda sampai berbusa
  3. Gosoklah seluruh bagian tangan anda, termasuk jari, pergelangan tangan, punggung tangan, maupun sela antara jari. Gosoklah selama setidaknya 20 detik
  4. Bersihkan seluruh sabun dari tangan anda
  5. Keringkan tangan anda dengan tisu atau handuk kering yang bersih

 

Kapan Harus Cuci Tangan ?

Kapan sajakah anda harus mencuci tangan dalam satu hari? Cucilah tangan anda pada saat:

  1. Sebelum dan setelah menyiapkan atau memasak makanan
  2. Sebelum makan
  3. Sebelum dan setelah mengobati luka
  4. Sebelum meminum obat
  5. Sebelum dan setelah memasang kontak lensa
  6. Setelah buang air kecil dan buang air besar
  7. Setelah mengganti pampers anak anda
  8. Setelah memegang hewan peliharaan anda, membersihkan kotorannya, atau berbagai benda yang digunakan hewan peliharaan anda
  9. Setelah batuk, bersin, atau membersihkan hidung anda
  10. Setelah membuang atau memegang kotoran atau sampah
  11. Setelah memegang pakaian kotor atau sepatu
  12. Kapan saja bila tangan anda kotor

Bila anda tidak dapat menemukan air atau sabun, anda dapat menggunakan pembersih tangan lainnya seperti hand sanitizer dan tisu basah. Gunakanlah pembersih tangan yang mengandung alkohol 60%. Cara menggunakan hand sanitizer adalah tuang sedikit hand sanitizer lalu basahi seluruh bagian tangan anda dan tunggu hingga tangan anda kering kembali. Bila anda menggunakan tisu basah, bersihkan seluruh bagian tangan anda yang kotor hingga bersih.

Ajarilah anak anda mencuci tangan sedini mungkin untuk membantu menjaga kesehatannya dan memupuk kebiasaan baik sejak kecil. Mencuci tangan sesering mungkin merupakan suatu tindakan sederhana yang dapat sangat berguna bagi kesehatan anda.