Hidup Sehat Berawal Dari Rumah Mungilku

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

805

Banyak orang berpikir hidup sehat itu sulit, tetapi jika kita menerapkan pola hidup sehat sedikit demi sedikit maka hal tersebut akan terasa lebih mudah. Salah satu caranya adalah: mulai dari rumah Anda!

Semua aktivitas di luar rumah berasal dari rumah. Itulah sebabnya sebuah rumah sangat penting artinya bagi seluruh keluarga. Sebuah rumah harus dapat mewadahi kegiatan penghuninya, membuat penghuninya merasa nyaman, dan -yang tidak kalah penting-kesehatan seluruh anggota keluarga berawal dari rumah tempat tinggalnya.

Oleh karena itu agar kita selalu sehat berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan mulai dari rumah.

Menjaga Kebersihan Rumah

Tentu saja ini merupakan poin terpenting untuk menjaga kesehatan. Lingkungan rumah yang kotor dapat dengan mudah mendatangkan penyakit. Sebuah rumah yang sehat harus mempunyai sistem pembuangan sampah yang baik, jangan biasakan menumpuk sampah terlalu lama di dalam rumah. Rumah yang sehat wajib memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Menata perabot/furniture dengan rapi dan bersih juga mempunyai efek yang baik untuk kesehatan.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Kita tidak bisa mengontrol apakah makanan kita sudah cukup gizi saat kita makan di luar rumah, tetapi didalam rumah hal tersebut dapat kita kontrol.

Oleh sebab itu biasakanlah anggota keluarga untuk makan bersama di rumah. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan malam bersama keluarga dapat memperbaiki komunikasi antara anggota keluarga, memperkuat ikatan keluarga, meningkatkan prestasi akademik, hingga bahkan mampu menjauhkan anak-anak dari kebiasaan merokok, alcohol, dan narkoba.

Biasakan anggota keluarga untuk konsumsi sayur dan buah.

Hal ini termasuk juga dalam program pemerintah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Sayuran dan buah- buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral dan serat pangan.

Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh serta mencegah kerusakan sel.

Serat berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan dapat menghambat perkembangan sel kanker usus besar. Dianjurkan sajian sekali makan terdiri dari ½ piring buah dan sayur, ½ piring lagi terbagi menjadi 1/3 lauk pauk dan 2/3 makanan pokok.

Olahraga di Rumah

Olahraga yang teratur akan meningkatkan ketahanan fisik, kesehatan, dan kebugaran. Jika kita malas berolah raga di luar rumah, kita dapat menggunakan ruangan-ruangan yang ada di dalam atau di sekitar rumah. Sesekali berolahragalah bersama keluarga di akhir pekan, selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, quality time bersama orang yang dikasihipun juga bisa didapatkan. Jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah lari atau jalan pagi, bersepeda, berenang, dan bermain bola.

Menjalin Komunikasi yang Baik Dengan Anggota Keluarga

Menjalin komunikasi yang baik dengan kelaurga di rumah akan menciptakan suasana hati yang baik untuk pikiran dan hati. Luangkanlah waktu untuk bisa bercengkrama bersama keluarga, sekedar mendengarkan pengalaman anggota keluarga pada hari itupun dapat membuat suasana hati kita bahagia dan terhindar dari stress. Hal ini juga dapat menambah keharmonisan dan kedekatan sesama anggota keluarga. Cobalah minum teh hangat pada sore hari di balkon atau di teras rumah pada hari Minggu atau hari libur.

Siaga Pertolongan Pertama

Selain hal-hal tersebut di atas, untuk menjamin kesehatan anggota keluarga dalam rumah, perlu disipakan obat-obatan yang bisa digunakan pada saat-saat tertentu dimana ada salah satu anggota keluarga yang  sakit atau memerlukannya. Obat-obatan yang sebaiknya disiapkan dirumah adalah :

  • Obat penurun panas

Umumnya obat yang digunakan adalah Paracetamol. Tujuan dari pemberian obat ini adalah untuk menurunkan panas atau demam dan juga dapat menurunkan risiko kejang/step pada balita akbiat demam.

  • Oralit

Oralit merupakan cairan untuk mengatasi dehidrasi pada saat terkena diare. Oralit tersedia dalam bentuk larutan dan serbuk untuk dilarutkan. Atau dapat dibuat sendiri dengan sederhana dengan melarutkan dua sendok teh gula dan setengah sendok teh garam dapur ke dalam satu gelas air matang.

  • Antasida

Antasida merupakan obat yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Sediaan dari obat ini ada dua macam yaitu cairan dan tablet kunyah.

  • Obat anti nyeri

Obat anti nyeri biasanya diminum pada saat sakit kepala, sakit gigi, pegal-pegal, dan keseleo. Paracetamol dapat berfungsi sebagai obat penghilang nyeri selain sebagai obat penurun panas.

  • Obat anti alergi

Obat ini wajib ada dirumah khususnya jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat alergi. Obat anti alergi yang sudah banyak dikenal adalah CTM.

  • Obat lain
  1. Minyak kayu putih/telon
  2. Betadine
  3. Hansaplast/plester
  4. Kapas/kasa
  5. Thermometer

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai hidup sehat. Berawal dari rumah yang sehat, menuju kota yang sehat (EDA)


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store