Hidup Sehat Dengan Cuci Tangan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

148

Setiap hari, kita pasti bersentuhan dengan ribuan kuman yang berpotensi membuat kita sakit. Nah salah satu cara yang mudah untuk mencegahnya adalah dengan menjaga tangan kita selalu bersih. Hal ini sangat penting untuk membantu tetap sehat dan mencegah penyebaran penyakit.

Olehnya, Anda perlu memahami kapan harus mencuci tangan dan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar? Penjelasan lengkapnya ada pada artikel di bawah:

Kapan harus mencuci tangan?

Ketika tangan kotor, pasti Anda akan mencuci tangan. Namun, perlu diketahui saat Anda menyentuh orang, permukaan, dan benda sepanjang hari, Anda menumpuk kuman di tangan yang dapat menyebabkan infeksi. Penularan infeksi ini terjadi saat tangan penuh Anda menyentuh mata, hidung, dan mulut, atau menyebarkannya ke orang lain. Memang tidak mungkin untuk menjaga tangan sepenuhnya bebas dari kuman. Akan tetapi sering mencuci tangan sering dapat membantu mencegah penyebaran bakteri, virus, dan mikroba lainnya.

Nah, lakukan cuci tangan pada waktu-waktu berikut:

a. Selalu cuci tangan sebelum:

  1. Menyiapkan makanan atau makan
  2. Mengobati luka atau merawat orang yang sakit
  3. Memasukkan atau melepas lensa kontak

    b. Selalu cuci tangan Anda setelah:
  1. Menyiapkan makanan
  2. Menggunakan toilet atau mengganti popok
  3. Menyentuh hewan, pakan ternak, atau limbah
  4. Menutup hidung, batuk atau bersin
  5. Mengobati luka atau merawat orang yang sakit
  6. Penanganan sampah
  7. Juga, cuci tangan ketika terlihat kotor.

 

 

Cara mencuci tangan yang baik dan benar

Cara yang terbaik untuk mencuci tangan adalah menggunakan sabun dan air. Berikut langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir. baik hangat atau dingin.
  2. Tuangkan sabun cair atau bubuk, atau oleskan sabun batangan ke tangan yang ditangkupkan secukupnya.
  3. Bersihkan tangan dengan baik selama setidaknya 20 detik dengan cara:
  4. Usapkan 2 telapak tangan
  5. Usap jari-jari, jempol dan selipan jari-jari
  6. Menggosok kuku-kuku
  7. Menggosok punggung tangan dan pergelangan tangan.
  8. Bilas dengan air yang mengalir sampai bersih.
  9. Keringkan tangan dengan handuk bersih.
  10. Gunakan handuk untuk mematikan keran yang mengalirkan air.

Perlu diketahui, untuk mencuci tangan dengan sabun, hindari menggunakan sabun antibakteri yang mengandung triclosan. Sabun ini tidak lebih efektif untuk membunuh kuman dari pada sabun biasa. Penggunaan sabun antibakteri bahkan dapat menyebabkan perkembangan bakteri yang resisten terhadap bahan atau produk antimikroba, sehingga lebih sulit untuk mematikan kuman ke depannya.

Nah, jika sabun dan air tidak tersedia, pembersih tangan berbahan alkohol atau juga sering anda dengar dengan sebutan antiseptik hand sanitizer merupakan alternatif yang baik. Jika anda akan menggunakan antiseptik hand sanitizer ini maka pastikan kandungan alkohol setidaknya sebesar 60%.

Anak-anak juga perlu tangan yang bersih

Bantu anak-anak tetap sehat dengan mendorong mereka untuk sering mencuci tangan. Cuci tangan Anda dengan anak Anda untuk menunjukkan kepadanya bagaimana hal itu dilakukan.

Pembersih tangan berbasis alkohol juga baik untuk anak-anak dan remaja, terutama ketika sabun dan air tidak tersedia. Namun, pastikan untuk mengawasi anak-anak menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Karena jika produk tersebut tertelan dapat menyebabkan keracunan alkohol.

Bagaimana cara untuk membiasakan mencuci tangan?

Ingatlah, bahwa mencuci tangan merupakan cara sederhana, paling mudah dan paling baik untuk mencegah terjadinya penyebaran kuman, sehingga dapat mencegah kita terkena penyakit. Terbiasa mencuci tangan dapat memberikan peran utama untuk melindungi kesehatan tubuh.(LM)

Referensi

Site designed and developed bka interactive ltd, N. (2018). Hand washing | Health Navigator NZ. Retrieved from https://healthnavigator.org.nz/healthy-living/tips-for-healthy-living/h/hand-washing/

The right way to wash your hands. (2018). Retrieved from https://mayoclinic. org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/hand-washing/art-20046253


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store