Hidup Sehat Mulai Dari Rumah Anda!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

127

Pernakah Anda mendengar ungkapan mens sana in corpore sano? Ya, ungkapan latin ini berarti didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Seperti yang kita ketahui, sehat adalah salah satu nikmat terbesar yang bisa kita rasakan sebagai modal kehidupan sejahtera hingga masa tua nanti.

Memiliki tubuh sehat ternyata tidak hanya didukung dari makanan yang dikonsumsi dan rutinitas olahraga saja, tapi juga lingkungan termasuk rumah. Tanpa menjaga kebersihan dan kesehatan rumah, mustahil Anda sebagai penghuninya memiliki kesehatan yang baik pula.

Rumah sehat tidak hanya bersih, tapi juga dapat menjadi lingkungan yang aman bagi perkembangan anak dengan memerhatikan penataan dan desainnya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan rumah sehat bagi anda dan keluarga !

  1. Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang cukup

Rumah terasa pengap dan lembab? Hal ini karena rumah tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup. Cobalah membuka jendela dan beberapa ventilasi udara di pagi hari, biarkan udara dan cahaya masuk menyinari rumah Anda.  Ventilasi rumah yang sedikit atau kotor bisa menyebabkan keluarga Anda mudah terkena penyakit infeksi saluran pernapasan.

  1. Tambahkan tanaman hijau atau taman dirumah Anda

Tanaman hidup tidak hanya bisa mempercantik tampilan dalam rumah Anda, tapi juga dapat menjadi penyaring udara alami di dalam rumah. Warna hijau dan energi dari tanaman-tanaman ini akan membawa ketenangan bagi Anda dan seluruh penghuni rumah.

  1. Biarkan matahari masuk ke dalam rumah

Matahari yang masuk ke dalam rumah tidak hanya bisa membuat rumah lebih hangat dan terang. Tapi, dengan masuknya matahari juga mengurangi kelembaban ruangan, mengusir nyamuk atau serangga lainnya dan membunuh kuman penyebab penyakit tertentu.

  1. Memiliki sistem pembuangan yang bagus

Untuk menjaga rumah agar tetap sehat dan bersih, biasakan untuk tidak menumpuk sampah di dalam rumah. Anda memang harus menyediakan tempat sampah di beberapa ruangan, tapi juga harus rajin membuangnya di tempat sampah luar rumah atau tempat pembuangan umum. Khusus untuk jamban sebaiknya anda menyediakan Septic Tank.

  1. Memiliki sarana air bersih

Pastikan rumah Anda memliki sarana air bersih yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari dimana kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Bila ragu untuk meminum dari air keran yang telah dimasak, Anda juga dapat menyediakan air mineral yang telah memiliki ijin BPOM.

  1. Jagalah agar rumah selalu bersih dan rapi

Biasakan untuk selalu menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi. Sapu dan pel ruangan setiap hari jika perlu, bersihkan debu yang menempel pada rak, lemari, dan lainnya secara rutin.

Ingat, memiliki tubuh yang sehat tidak hanya dimulai dari makanan sehat, tapi juga dengan memelihara lingkungan Anda. Salah satunya adalah memiliki rumah sehat yang tetap nyaman untuk ditinggali. (RH)

Daftar Pustaka

  1. Keman S. 2005. Kesehatan Perumahan dan Lingkungan Pemukiman. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 2(1): 29-42
  2. Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 829 Menkes SK/VII/1999 Tentang Persyaratan Kesehatan Perumahan

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store