Hidup Sehat Mulai Dengan Cara Ini!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

167

Gaya hidup seseorang dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari, pekerjaan, serta makanan. Menerapkan gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang. Meningkatnya kesehatan tubuh, mental, dan emosional akan turut meningkatkan kualitas hidup Anda serta membawa pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar Anda.

Pola hidup sehat tak hanya bisa dirasakan sewaktu masa muda, namun Anda akan mengambil hasil nyata di saat tua nantinya. Tubuh yang terbiasa dengan kebiasaan pola hidup sehat maka akan terasa lebih ringan dan tidak mudah sakit di usia senja.

Lalu, seperti apa pola hidup sehat itu? Berikut beberapa cara hidup sehat yang dapat Anda praktekkan di kehidupan sehari-hari :

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Makanan sehat tidak harus mahal. Cukup dengan mengkonsumsi makanana rumah sederhana, asalkan sesuai dengan kecukupan gizi dan diolah dengan higenis. Makanan bergizi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Protein berfungsi untuk menjaga sel-sel dan senyawa dalam tubuh agar dapat dimetabolisme dengan optimal. Jangan lupa untuk mengkonsumsi serat dan air putih untuk memperlancar pembuangan sisa-sisa makanan dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh.

  1. Perbanyak aktivitas fisik

Orang dewasa dianjurkan untuk menyisihkan setidaknya dua setengah jam per minggu untuk melakukan aktivitas aerobik (misalnya berjalan dan berlari) dengan intensitas sedang. Atau Anda bisa menyisihkan satu jam dan 15 menit dalam seminggu untuk melakukan aktivitas aerobik intensitas tinggi, ditambah aktivitas penguatan otot, seperti push-up dan sit-up, setidaknya dua hari dalam seminggu.

  1. Kelola stres

Selipkan aktivitas seperti yoga dan meditasi untuk mengatasi stres. Tentukan cara atau aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika stres dan emosi menyerang. Ingatlah hal-hal positif yang terjadi dalam hidup dan Anda akan menyadari betapa banyaknya hal yang sudah Anda capai atau miliki

  1. Istirahat yang cukup

Imbangi aktivitas Anda dengan istirahat yang cukup. Orang dewasa idealnya membutuhkan waktu untuk istirahat atau tidur sekitar 6-8 jam per hari. Pastikan jam tidur Anda terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama.

  1. Ciptakan lingkungan yang sehat

Tips hidup sehat selanjutnya adalah dengan menciptakan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang penuh dengan asap rokok, sampah dan polusi sangat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika Anda berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, depresi, artritis, atau penyakit jantung.

Pola hidup sehat harus didasari dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang beragam jenis penyakit. Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan Anda. (RH)

Daftar Pustaka

Hitti M. Chang L [Reviewed]. 2009. Healthy Living : 8 Step to take Today. Available at https://www.webmd.com/balance/features/healthy-living-8-steps-to-take-today


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store