Hindari Makanan Penyebab Asam Urat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

41

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan uric acid alias asam urat. Asam urat sebenarnya adalah produk yang dihasilkan tubuh ketika memecah protein purin, salah satu protein penting penyusun tubuh. Normalnya, asam urat larut dalam darah dan kemudian hilang melalui urin. Tetapi, kadang tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat dalam darah, atau ginjal hanya mampu melepaskan asam urat ke dalam urin dalam jumlah sedikit. Akibatnya adalah, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat pada persendian dan mengelilingi jaringan, menyebabkan nyeri, peradangan, dan bengkak. Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. Purin dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat yang sebaiknya Anda hindari, antara lain:

  1. Jeroan

Makanan yang terdiri dari hati, ampela, paru-paru, otak, ginjal, usus, lidah, atau bahkan limpa dari hewan memang memiliki rasa yang gurih, namun hal ini adalah makanan penyebab asam urat. Pasalnya, jeroan ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga jika Anda kerap mengonsumsinya, maka risiko terkena asam urat pun meningkat. Purin merupakan senyawa kimia yang jika dipecah akan menjadi zat asam urat berlebih dalam tubuh.

 

  1. Makanan laut

Makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang memang memiliki berbagai macam manfaat. Namun tidak dengan orang yang menderita asam urat. Pasalnya makanan ini mengandung purin yang tinggi sehingga bisa menyebabkan masalah asam urat.

 

  1. Daging angsa dan kalkun

Daging kalkun dan angsa memang termasuk jenis daging paling enak yang pernah ada. Namun, jika kadar asam urat di dalam darah Anda terbilang tinggi, disarankan untuk menghindari konsumsi kedua daging ini. Daging angsa mengandung zat purin yang tinggi sekitar 165mg/100g. Kandungan purin pada daging angsa menyebabkan resiko asam urat tinggi.

 

  1. Sayuran hijau

Sayuran memang merupakan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun bagi penderita asam urat beberapa jenis sayuran sebaiknya di batasi seperti amur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong. Pasalnya beberapa jenis sayuran ini banyak mengandung puring yang pastinya dapat menyebabkan masalah asam urat.

 

Sebaiknya Anda mengenali jenis-jenis makanan penyebab asam urat tinggi, karena banyak ditemukan di sekitar kita. Lalu untuk penderita penyakit asam urat, batasi dan bahkan hindarilah makanan tersebut. Jika keluhan akibat tingkat asam urat tinggi masih mengganggu, segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

https://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/30-makanan-penyebab-asam-urathttps://doktersehat.com/makanan-penyebab-asam-urat-tinggi/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store